nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BPOM Keluarkan Edaran Bahan Membuat Hand Sanitizer Anjuran WHO

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 14:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 481 2191810 bpom-keluarkan-edaran-bahan-membuat-hand-sanitizer-anjuran-who-sadrBDWVeV.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Kelangkaan hand sanitizer atau harganya yang mahal, membuat orang mengakalinya dengan membuat sendiri di rumah. Namun, hal ini menimbulkan kekhawatiran baru, amankah bahan-bahan yang digunakan?

Jangan sembarangan dalam membuat hand sanitizer sendiri. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah mengeluarkan edaran cara membuat hand sanitizer yang sesuai dengan anjuran Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Hand Sanitizer dalam hal ini merupakan antiseptik dalam bentuk cair yang berfungsi menghambat atau memperlambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan tubuh hidup. Salah satunya adalah kulit.

Ketua Tim Pakar Gugur Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangannya di Media Center Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana mengatakan bahwa, hand sanitizer bisa dibuat sendiri menggunakan bahan-bahan yang telah direkomendasikan BPOM dari WHO.

Hand Sanitizer

Bahan-bahan hand sanitizer yang dianjurkan WHO adalah etanol 96 persen, gliserol 98 persen, hidrogen peroksida tiga persen, dan air steril atau aquades. Namun, penggunaan hand sanitizer tidak boleh berlebihan karena dapat menimbulkan iritasi.

"Dalam rangka pencegahan Covid-19, penggunaan antiseptik seperti hand sanitizer dapat digunakan tetapi tidak berlebihan agar tidak menimbulkan iritasi kulit," kata Wiku di Graha BNPB, Jakarta, Senin 30 Maret 2020.

Meski begitu, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir masih menjadi cara paling ampuh untuk membunuh virus. Apabila tidak terdapat sabun, barulah menggunakan hand sanitizer.

Dalam hal ini Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 telah mengoptimalkan upaya pencegahan penyebaran virus corona penyebab COVID-19 melalui berbagau langkah.

"Di antaranya adalah dengan menganjurkan kampanye mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer dan langsung mandi setelah beraktivitas di luar rumah," tutup Wiku.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini