nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panduan WFH Menyenangkan dan Sehat, Anti Gemuk-Gemuk Club

Ivankha Yulianto, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 15:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 31 481 2191819 panduan-wfh-menyenangkan-dan-sehat-anti-gemuk-gemuk-club-ELgw9eB5it.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

SEJAK 15 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mulai menghimbau masyarakat untuk bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH), belajar dari rumah dan beribadah dari rumah untuk mengantisipasi penyebaran dari wabah corona COVID-19. Alhasil, sudah lebih dari dua pekan masyarakat tidak pergi kemanapun karena harus menerapkan physical distancing.

Namun saat WFH, biasanya orang cenderung malas bergerak, tapi banyak makan. Padahal Anda harus mengukur diri untuk menjaga kesehatan, meski berada di rumah saja.

Ada beberapa tips panduan untuk menjaga kesehatan di sela WFH. Dikutip Okezone dari Boldsky, Selasa (31/3/2020), berikut ulasannya yang akan membantu menjadikan pekerjaan Anda di rumah tidak hanya produktif, tetapi juga sehat dan menyenangkan.

Bangun lebih pagi

bangun

Langkah pertama dan paling penting untuk rutin memulai WFH yaitu Anda harus bangun pagi. Studi menunjukan bahwa ketika Anda pergi ke kantor, perjalanan Anda dapat membantu Anda bangun dan merasa siap untuk bekerja. Tetapi saat di rumah saja biasanya Anda tidak melakukannya.

Transisi yang lambat seperti ini membuat Anda terasa melelahkan dan seperti efek domino. Sepanjang hari Anda bisa saja tida semangat bekerja, bahkan di malam harinya memilih untuk begadang, demi menyelesaikan Anda yang tertunda. Untuk menghindarinya, maka Anda disarankan untuk bangun pagi, gosok gigi dan sarapan. Semua ini akan membuat Anda termotivasi untuk memulai jam kantor di rumah.

Makan sehat

Sangat penting untuk makan siang yang sehat saat bekerja di rumah, wajar bila Anda ingin makan junk food dan makanan ringan lainnya untuk membangkitkan semangat kerja. Tetapi menurut penelitian yang dilakukan National Institute For Health And Welfare, jika seseorang memilih menu makan tak sehat artinya bisa mengganggu metabolisme. Ingat, meski di rumah Anda harus bekerja selama 9 jam diselingi dengan istirahat dan olahraga. Selain itu, selama WFH Anda juga harus tetap konsistem minum air putih dan jangan sering duduk terlalu lama.

Melakukan latihan ringan

Karena Anda akan bekerja dari meja sepanjang hari, tubuh Anda akan beraktifitas sangat sedikit. Karena itu, penting bagi Anda untuk menambahkan beberapa latihan sederhana dan efektif untuk tubuh agar dapat membakar lemak. Beberapa latihan mudah yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut:

Berdiri sejenak

Anda bisa berdiri dan meregangkan lengan dan jari di sela-sela pekerjaan Anda. Berdiri beberapa menit, karena akan membantu mengendurkan otot dan membakar lebih banyak kalori daripada duduk.

Berjalan

Anda juga dapat berdiri dan berjalan-jalan keliling rumah. Menariknya Anda bisa melakukan ini sambil mengangkat telepon dari teman atau atasan. Cara ini juga membangu mengusir rasa jenuh di dalam rumah saat berkutat dengan pekerjaan.

Regangkan tangan, putar dan tekuk

Lakukan selama 10 menit dengan meregangkan, berputar dan menekuk tubuh Anda. Menggerakkan tubuh lebih sering, tentunya dapat membantu meregangkan seluruh tubuh dan mencegah kram.

Istirahat

wfh

Meskipun Anda berada dalam kenyamanan rumah Anda sendiri, penting bagi anda untuk beristirahat 15 menit, mungkin Anda bisa berjalan-jalan sebentar di rumah, bermain dengan hewan peliharaan atau bahkan menyiram tanaman. Jangan melelahkan diri Anda dengan terus-terusan menatap layar, karena dapat menyebabkan sakit kepala atau rasa sakit, juga penglihatan jadi berkunang-kunang.

Menurut jurnal Take a Break Benefits of Sleep and Short Breaks for Daily Work Engagement, bahwa istirahat dapat secara signifikan meningkatkan tingkat produktivitas dan kemampuan seseorang untuk fokus. Pastikan Anda tidak melebihi waktu istirahat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini