5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru di Tengah Pandemi Virus Corona COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 19:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 31 481 2191997 5-cara-menjaga-kesehatan-paru-paru-di-tengah-pandemi-virus-corona-covid-19-3mu6OR3OIm.jpg Ilustrasi. (Foto: Helpguide)

GEJALA virus corona COVID-19, salah satunya berdampak pada sistem pernapasan manusia. Alhasil, masyarakat yang terinfeksi virus ini akan merasa kesulitan untuk bernapas.

Oleh sebab itu, menjaga kesehatan paru-paru menjadi hal penting yang wajib dilakukan saat ini. Bahkan semakin tua seseorang, maka paru-paru mereka menjadi semakin lemah. Kemudian bisa memengaruhi kehidupan dan kesehatan secara keseluruhan.

Tanpa paru-paru, tubuh manusia tidak akan dapat berfungsi dengan baik karena kurangnya pasokan oksigen. Merangkum dari Pinkvilla, Selasa (31/3/2020), berikut lima cara untuk menjaga paru-paru agar tetap sehat.

Berhenti merokok

merokok

Merokok dapat mengakibatkan seseorang terkena risiko kanker paru-paru dan masalah pernapasan lainnya. Hal ini disebabkan karena bahan kimia berbahaya yang dihirup dalam sebatang rokok.

Rokok juga dapat merusak paru-paru dan melemahkan kapasitas mereka sehingga menyebabkan masalah pernapasan. Rokok dapat menyebabkan paru-paru seseorang menjadi menua.

Berolahraga

Berolahraga adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Olahraga dapat membantu menjaga kondisi paru-paru. Ketika seseorang berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan membuat paru-paru Anda mengembang. Olahraga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru.

Hindari polusi

Polusi dapat merusak paru-paru manusia dan membuatnya dapat menua lebih cepat. Menghindari berada di area yang tercemar dan menjaga diri dari perokok pasif adalah cara yang paling efektif. Menjaga rumah Anda selalu bersih dan bebas debu serta tidak menghirup bahan kimia melalui aroma sintetis adalah pilihan terbaik.

Menjaga kebersihan diri

Paru-paru manusia rentan terhadap infeksi dan bakteri, ketika manusia menua. Menghindari infeksi paru-paru dengan cara mencuci tangan secara teratur serta menjaga pola makan yang sehat dan seimbang.

Selain itu mengonsumsi air minum untuk mengurangi racun dalam tubuh, juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Sering berlatih pernapasan

napas

Melakukan latihan pernapasan dalam aktivitas sehari-hari dapat meningkatkan kapasitas paru-paru manusia. Ketika Anda bernapas dalam-dalam, maka paru-paru akan menjadi lebih efisien dan membantu seseorang rileks dan mengurangi stres.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini