Amankah Wanita Terlalu Sering Tak Pakai Baju Dalam saat WFH?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 31 485 2192024 amankah-wanita-terlalu-sering-tak-pakai-baju-dalam-saat-wfh-g4ngLrpeVu.jpg Ilustrasi. (Foto: Cosmopolitan)

SELAMA mengisolasi diri di rumah atau Work From Home (WFH), umumnya banyak di antara kita memilih mengenakan pakaian yang nyaman. Terlebih lagi kaum wanita. Ada sebagian perempuan yang memilih tidak mengenakan baju dalam (BH atau bra) saat berada di rumah.

Kebanyakan para perempuan yang tak memakai baju dalam itu beralasan karena ingin tubuhnya merasa bebas dan nyaman. Alasan lain yang sering dikemukakan memilih tak pakai baju dalam karena hanya beraktivitas di dalam rumah tentu tidak akan terlihat oleh orang asing. Tapi apakah kebiasaan tak pakai baju dalam ini aman bagi kesehatan?

Melansir dari Woman and Home, Selasa (31/3/2020), para ahli telah memperingatkan bahwa wanita yang tidak mengenakan baju dalam (bra) akan menanggung risiko tersendiri bagi kesehatan tubuhnya.

bra

Hal ini ditegaskan oleh pakar pembuat bra, Sandra Dyke yang telah jadi ahli kecantikan Chantelle Lingerie selama lebih dari 20 tahun, bahwa tidak mengenakan baju dalam terlalu lama, selama berada di rumah dapat berdampak buruk pada bentuk payudara dan postur tubuh seorang wanita.

Sandra menyatakan, kebiasaan tidak pakai baju dalam dapat menyebabkan sakit dan nyeri di punggung dan leher. Jika dibiarkan terlalu lama maka kebiasaan ini dapat menyebabkan sirkulasi darah menjadi buruk.

“Terlalu sering tidak mengenakan bra, lama-kelamaan bisa berdampak buruk pada postur tubuh Anda. Pemakaian baju dalam dapat mendukung dan membantu menjaga keindahan bentuk payudara dan postur tubuh Anda,” tambah Sandra.

Terlalu sering tidak pakai bra dapat membuat payudara kendur?

Sandra menambahkan jika payudara tidak didukung dengan penyangga atau bra yang tepat, maka cenderung lebih cepat kendur. Efek buruk lain, ternyata tidak mengenakan bra dapat menyebabkan ketegangan pada tenggorokan dan jaringan wajah seorang perempuan.

“Tidak mengenakan bra akan membuat payudara kendur tetapi juga bisa berdampak pada bahu. Baju dalam yang tepat akan menyangga otot-otot payudara dan juga di seputar bahu dengan baik. Hal ini akan membuat postur tubuh jadi baik dan sirkulasi darah pun lebih lancar,” tambah Sandra.

Sandra juga menyarankan setiap wanita untuk memakai bra yang pas ukurannya dan nyaman digunakan. Pasalnya bra bukan hanya berfungsi menopang payudara, melainkan untuk menjaga kesehatan wanita.

“Sangat penting untuk selalu mengenakan bra saat berada di rumah atau di luar. Saat wabah Corona Covid-19 ini melanda, supaya Anda selalu termotivasi untuk tetap memakai bra saat work from home, maka bangunlah di pagi hari sesuai dengan waktunya dan lakukan kebiasaan seperti biasa. Bersiaplah seolah-olah Anda akan bekerja,” lanjut Sandra.

Brand Manager di Chantelle, Alexandra Thrower menambahkan bra memiliki peran yang sangat penting. Fungsinya untuk melindungi dan menanggung beban yang dimiliki payudara seorang wanita. Jika terlalu sering tidak mengenakan bra, maka bisa berdampak buruk bikin wanita akan payudara jadi kendur.

"Kebanyakan wanita tidak menyadari betapa berat payudara mereka (antara 500g untuk cangkir B / C, hingga 2+ kg untuk G + cangkir). Aset tersebut tentu saja perlu penyangga. Tidak mengenakan bra akan memperburuk punggung, bahu atau memicu sakit leher dan membuat Anda sakit kepala,” tuntasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini