nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Petunjuk Aman Keluar Rumah di Tengah Pandemi Corona

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 12:25 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 31 612 2191703 11-petunjuk-aman-keluar-rumah-di-tengah-pandemi-corona-T3VoWRb5t3.jpg ilustrasi: okezone

PEMERINTAH telah menerapkan kebijakan physical distancing kepada masyarakat di tengah pandemi virus corona (COVID-19). Pemerintah juga meminta masyarakat untuk bekerja, belajar, dan beribadah di rumah. Namun pada kenyataannya, tidak semua warga bisa menerapkan konsep WFH atau work from home.

Masih banyak orang-orang yang bekerja di sektor publik, yang tetap harus bekerja seperti biasa tetap harus keluar rumah setiap hari di tengah pandemi corona saat ini.

Lalu bagaimana cara menjaga diri saat keluar rumah, apa yang dilakukan agar diri bisa aman terlindungi? Yuk simak paparan petunjuk aman ketika keluar rumah di tengah pandemi corona, seperti yang direkomendasikan oleh BNPB Indonesia, Selasa (31/3/2020).

1. Busana : Usahakan jangan memilih baju atau setelan busana yang pendek, mengekspos kulit dengan bebas. Pakai jaket atau baju lengan panjang ketika beraktivitas di luar agar kulit terlindungi oleh bahan pakaian.

2. Aksesori : Untuk saat seperti ini, tidak perlu pakai aksesori apapun mulai dari gelang, cincin, ataupun anting.

3. Masker : Selalu pakai masker pelindung mulut dan hidung, jika tidak adaa masker kesehatan yang biasa karena sudah langka. Masker kain yang bisa dipakai cuci pun tidak apa-apa, asal langsung dicuci bersih begitu sesampainya di rumah setelah dipakai.

4. Kendaraan sendiri : Jika terpaksa masih harus keluar, usahakan tidak menaiki transportasi umum untuk menghindari kontak dengan orang keramaian. Sebisa mungkin bawa kendaraan pribadi sendiri.

5. Tidak kontak tangan: Maksudnya, ketika di luar selalu pegang tisu jika ingin memegang suatu benda. Selalu pakai tisu untuk menyentuh permukaan apapun.

6. Langsung buang : Remas dan langsung buang tisu bekas yang dipakai untuk menyentuh permukaan benda apapun.

7. Etika batuk bersin : Jika batuk dan bersin, tutup dengan lipatan siku bukan dengan tangan.

8. Cashless : Usahakan bertransaksi dengan uang digital yang ada di dompet digital, bukan dengan lembaran uang tunai.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini