nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Angkat Beban saat WFH, Cegah Depresi dan Sakit Jantung Loh

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 31 Maret 2020 21:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 31 612 2192055 yuk-angkat-beban-saat-wfh-cegah-depresi-dan-sakit-jantung-loh-itjQnpHHs9.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUMPUNG sedang bekerja dari rumah (work from home/WFH) tidak ada salahnya loh kita berolahraga sambil bekerja. Tidak perlu olahraga yang sulit, cukup dengan mengangkat beban alias berber.

Jangan salah, olahraga angkat beban sangat bermanfaat bagi pria ataupun wanita. Manfaatnya yakni dapat mencegah obesitas, mengontrol kadar gula darah, hingga mencegah ostoeporosis.

Selain itu, masih banyak manfaat olahraga angkat beban jika dilakukan rutin dalam seminggu. Simak ulasannya, dilansir Livestrong.

Mengurangi gejala depresi

Latihan aerobik seperti angkat beban in juga meningkatkan kesehatan mental. Sebuah studi yang dipublikasikan oleh The Primary Care Companion kepada Journal of Clinical Psychiatry pada tahun 2004 menyebutkan, bila angkat beban dapat mengurangi depresi. Karena olahraga ini membuat seseorang lebih rileks dan lebih konsentrasi saat beraktivitas.

angkat beban

Lawan Osteporosis

Seiring bertambahnya usia, Anda secara alami kehilangan masa otot dan tulang. Ini menjadi perhatian khusus bagi wanita, yang tulangnya lebih kecil daripada pria.

Direktur Alliance Healing Arts di Seattle, Washington, Vivian Ledesma, DC menjelaskan, olahraga angkat beban ampuh melawan osteoporosis. Tulang Anda menjadi lebih kuat dan tidak sebabkan kehilangan masa otot dalam waktu cepat.

Risiko rendah diabetes

WHO melaporkan, hampir 350 juta orang menderita diabetes di seluruh dunia. Diprediksi tahun 2030 jumlahnya meningkat dan diabetes menjadi kematian 10 besar.

Sejak dini Anda harus melakukan gaya hidup sehat. Salah satunya caranya yakni olahraga teratur. Anda juga dapat memilih olahraga angkat beban. Manfaatnya yakni dapat mengontrol kadar gula darah kapan saja sepaniang usia.

Kesehatan jantung lebih baik

Saat rutin melakukan angkat beban, tubuh Anda memompa zat besi yang cukup. Bila diamati, aliran darah ke seluruh tubuh, terutama arteri juga menjadi lancar.

Karena itu, olahraga angkat beban bisa bikin kesehatan jantung seseorang terjaga. Anda harus melakukannya sebagai selingan olahraga aerobik.

Cegah sakit punggung

Para pekerja kantoran paling rentan mengalami sakit punggung. Anda bisa mencegahnya dengan olahraga angkat beban loh. Olahraga dengan bantuan barbel ini dapat menjaga konsistensi tulang punggung.

Anda juga harus bertanya kepada instruktur bila ingin melakukan angkat beban yang tepat, disertai dengan mendapatkan manfaat mencegah sakit punggung ya!

Melawan obesitas

Usai rajin olahraga angkat beban pasti Anda akan merasa bersalah saat makan junk food. Nah, studi dari Boston University menyebutkan, seseorang yang melakukan olahraga angkat beban ternyata mudah mengendalikan nafsu makan.

Tak hanya itu, sistem metabolisme tubuh Anda jadi sangat baik. Sehingga, mudah sekali membuat seseorang untuk mencegah kegemukan atau obesitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini