nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Virus Corona, Hindari Pakai Lensa Kontak

Agustina Wulandari , Jurnalis · Rabu 01 April 2020 19:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 01 481 2192563 cegah-virus-corona-hindari-pakai-lensa-kontak-w5flOcL6Br.jpg Lensa Kontak Bisa Jadi Media Penularan Corona

Penggunaan lensa kontak mungkin sudah jadi kebiasaan bagi sebagian orang yang bermata minus atau hanya untuk style. Namun, di tengah pandemi COVID-19 seperti saat ini ternyata pemakaian lensa kontak justru menyebabkan potensi terpapar virus tersebut.

Dari hari ke hari penyebaran virus corona semakin cepat dan pasien positif selalu bertambah jumlahnya. Penularan virus COVID-19 ini bisa terjadi melalui mata, hidung dan mulut.

Sementara dengan pemakaian lensa kontak pengguna akan selalu memegang wajah atau area mata dan tanpa disadari kita belum cuci tangan atau tangan dalam keadaan tidak steril, sehingga sangat mungkin virus bisa masuk melalui mata jika kita masih menggunakan lensa kontak.

Seperti yang dijelaskan oleh dr. Thomas Steinmann yang dikutip dari CNN, dokter mata dari American Academy of Ophthalmology,”saat orang menggunakan lensa kontak maka otomatis akan membuat seseorang menjadi lebih sering menyentuh bagian wajahnya, terutama area mata. Hal tersebut membuat seseorang lebih rentan terpapar COVID-19.”

Pasien terinfeksi corona

“Bagian ini lembab dan disukai virus, sebenarnya ada banyak organisme yang dapat menempel dengan mudah pada konjungtiva, atau dalam hal ini menempel pada lensa kontak yang bertumpu pada konjungtiva Anda,” kata dokter Thomas.

Konjungtiva adalah selaput lendir yang ada di bagian mata, mulut dan hidung. Area inilah tempat yang ramah untuk virus.

Menurutnya, ketika kamu mengucek mata, kamu pun juga akan menyentuh area wajah yang lain, seperti mulut dan hidung. Beberapa orang tidak terlalu higienis sehingga memungkinkan lupa cuci tangan terlebih dahulu.

Untuk itu, dokter Thomas pun menyarankan untuk menggunakan kacamata daripada lensa kontak. Menurutnya, kacamata juga dapat membantu memberikan perlindungan dari partikel virus yang tersebar di udara, meski sebenarnya resiko penularan lebih besar dari hidung dan mulut daripada mata.

Banyak cara pencegahan untuk melindungi diri dari virus corona. Selain menghindari lensa kontak dan beralih ke kacamata, kamu pun juga harus disiplin dalam kebersihan, seperti mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, menggunakan masker, jaga jarak dan menggunakan hand-sanitizer setiap habis menyentuh sesuatu.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini