Benarkah Bercinta Pakai Kondom Bisa Mencegah Penularan Virus Corona?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 23:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 01 485 2192628 benarkah-bercinta-pakai-kondom-bisa-mencegah-penularan-virus-corona-sAT07TooRN.jpg Ilustrasi. (Foto: Jstor)

BANYAK upaya yang dilakukan pasangan suami istri untuk mencegah penularan virus corona. Termasuk sebagian pasangan suami istri yang memutuskan bercinta dengan menggunakan kondom. Benarkah efektif mencegah penularan virus corona?

Faktanya, saat ini selain masker dan hand sanitizer yang langka, stok kondom di dunia juga jumlahnya menipis. Itu karena banyak permintaan kondom di tengah wabah corona COVID-19. Sebenarnya perlukah pasangan menggunakan kondom untuk bercinta di tengah wabah virus corona?

kondom

Pakar Seks Alix Fox pun bertanya, jika banyak pasangan sekarang memilih menggunakan kondom saat bercinta di situasi pandemi corona COVID-19 sekarang ini, mengapa sebelumnya tidak?

"Bila Anda tak pakai kondom karena alasan mencegah kehamilan atau karena pasangan Anda menjelang menopause, maka tak mengapa," ujarnya, dilansir Okezone dari BBC Indonesia.

Namun, dia menambahkan, jika Anda menggunakan kondom karena alasan lain misal terkena penyakit kelamin, maka sangat penting untuk memakai kondom. Pada saat berhubungan intim suami istri maka terjadi kontak antara organ intim pria dan wanita. Dengan pemakaian kondom, penularan penyakit bisa dicegah.

Tapi perlu diingat, kemesraan suami istri juga bisa terwujud dalam saling cium antar pasangan. Jika Anda harus berciuman, maka akan ada paparan droplet dari air liur. Nah, kalau si dia bebas virus corona, dan Anda juga sehat, maka tidak masalah.

"Intinya adalah infeksi virus corona ditularkan dari mulut ke tangan Anda, lalu bila alat kelamin disentuh dengan tangan yang terpapar droplet, risiko penularan jadi semakin tinggi," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini