nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah COVID-19, Seberapa Sering Harus Cuci Muka?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 10:24 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 01 611 2192204 cegah-covid-19-seberapa-sering-harus-cuci-muka-7hwi5SxhiI.jpg Ilustrasi (Foto : Allure)

Rutinitas sering mencuci tangan dalam kehidupan sehari-hari, sekarang di tengah pandemi corona COVID-19 memang sedang naik daun. Padahal tidak hanya mencuci tangan, pada dasarnya salah satu sebagai upaya menjaga kebersihan diri mencuci muka secara teratur juga penting. 

Diterangkan oleh dermatologis Keck Medicine dan asisten klinis profesor dermatology di University of Southern California, Nada Elbuluk, membersihkan atau mencuci wajah ialah menggunakan dua elemen yakni air dan sabun pembersih.

“Ketika kita berbicara tentang membersihkan wajah, tipikalnya kita menggunakan sabun pembersih atau cleanser dan air. Sesuatu yang dapat membantu menghilangkan minyak dan kotoran, serta semua hal yang dapat menumpuk di wajah seharian yang mana artinya hanya memakai air saja tidaklah cukup,” jelas Nada.

Tapi hati-hati, overwashing (mencuci berlebihan) dapat menyebabkan kulit wajah kekeringan. Sebab pembersih wajah yang berlebihan malah masuk ke kulit.

“Sebenarnya tidak diperlukan menggunakan pembersih wajah lebih dari dua kali sehari. Untuk orang yang mencuci wajah ebih dari dua kali sehari, membuat kulit wajah cenderung terlalu kering pada wajah. Tidak ada manfaat tambahan juga,” tambah Nada.

Cuci Muka

Untuk intensitas seberapa sering kita harus mencuci wajah, setiap orang ternyata tidak bisa menerapkan intensitas yang sama. Sebab, hitungan seberapa sering kita harus mencuci wajah ini berdasarkan tipe kulit masing-masing orang.

Bagi si pemilik kulit wajah berjerawat, disarankan untuk mencuci wajah setidaknya dua kali dalam satu hari. Beda lagi bagi orang yang mempunyai tipe kulit wajah kombinasi, yang disebutkan jika mencuci wajah satu kali dalam satu hari saja sudah dinilai sebagai takaran yang cukup.

Sedangkan bagi orang-orang yang mempunyai tipe kulit kering, dermatologist Steven Xu mengatakan malah jika terlalu sering mencuci wajah dengan niat ingin melembapkan kulit wajah maka yang terjadi malah sebaliknya loh! Untuk pemilik tipe kulit wajah yang kering, terlalu sering mencuci wajah dengan sabun pembersih wajah dan air malah dapat mengikis kulit.

“Sabun pembersih dapat menghilangkan bagian atas kulit dan beberapa minyak alami yang dihasilkan oleh tubuh. Dampaknya bisa buruk, untuk orang-orang dengan kulit kering atau sensitif,” jelas Steven.

Seiring pertambahan usia, alaminya kulit juga menua. Maka kondisinya akan cenderung lebih kering. Inilah mengapa Steven menyebutkan tidak perlu mencuci wajah dua kali sehari.

"Seiring bertambahnya usia, kita berhenti membuat pelembab alami layaknya kulit yang masih muda. Jadi pembersih bisa sangat keras pada kulit yang sedikit lebih tua,” tambahnya.

Sementara itu, bagi orang-orang yang tidak banyak memakai makeup serta tak mengaplikasikan banyak produk di wajahnya dan tidak terlalu berminyak. Ini masuk ke kategori jenis-jenis kulit yang dikatakan Steven sebetulnya tidak terlalu butuh untuk cuci muka. Demikian seperti disitat Huffingtonpost, Selasa (31/3/2020).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini