nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Viral Gerakan Bantu 1 Ajak 2 di Tengah Pandemi COVID-19, Mau Ikutan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 01 612 2192531 viral-gerakan-bantu-1-ajak-2-di-tengah-pandemi-covid-19-mau-ikutan-4IU2S7gmSE.jpg Bantu 1 Ajak 2. (Twitter)

BANYAK orang baik di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang. Sebut saja netizen yang dengan sukarela membelikan pengemudi ojek online makanan atau aksi solidaritas lainnya, seperti Bantu 1 Ajak 2.

Aksi solidaritas ini diinisiasi anak muda Indonesia, dengan tujuan bisa membantu para pekerja, yang tak bisa meninggalkan pekerjaannya di tengah pandemi COVID-19. Ya, salah satunya pengemudi ojek online atau pemilik warung pinggir jalan.

Lantas, apa itu Bantu 1 Ajak 2? Dijelaskan di dalam video Youtube berjudul Gerakan Bantu Satu Ajak Dua, ada beberapa target yang dituju jika Anda ingin melakukan aksi solidaritas ini.

donasi

"Teman sendiri, keluarga jauh, ojek online, ojek pengkolan, mungkin pedagang jalanan, orang-orang yang berada di sekitar kita dalam jangkauan kita yang terpaksa setiap harinya harus keluar rumah untuk memastikan keluarganya bisa makan," begitu penjelasan mengenai target aksi ini.

Kemudian, bagaimana jika Anda ingin melakukan aksi ini? Dijelaskan lebih lanjut, pertama bantu satu. Cari orang yang ada di sekitar yang akan Anda bantu.

Bantu orang tersebut tercukupi kebutuhan pokoknya selama 14 hari ke depan. Sehingga ia dan keluarganya bisa tinggal di rumah dengan nyaman.

Mengetahui hal ini, mungkin Anda akan berpikiran bahwa butuh banyak sekali dana untuk bisa menyukupi kebutuhan 14 hari tersebut. Namun, perlu diingat bahwa ada tenaga kesehatan yang mana mereka rela mengorbankan nyawa demi keselamatan banyak manusia.

"Dengan memberikan bantuan, ini juga meminimalisir orang keluar rumah dan meringankan beban para tenaga medis di rumah sakit," tambahnya.

Jika aksi ini dilakukan 100 orang, maka akan ada 100 keluarga yang berdiam diri di rumah. Ini merupakan upaya pencegahan penyebaran COVID-19 sesuai anjuran pemerintah.

Namun, pandemi COVID-19 ini angkanya terus bertambah dan itu berarti aksi ini harus terus meluas di antara masyarakat. Upaya untuk memperluas aksi ini adalah dengan mengajak dua rekan, saudara, atau teman dekat Anda untuk ikut bersama membantu.

Jangan lupa titipkan pesan kepada dua teman yang Anda ajak ikut melakukan aksi kebaikan ini agar mengajak dua orang lain, sehingga jumlah orang baik yang ingin membantu terus bertambah banyak. "Yuk, bantu satu ajak dua," pesan dalam video tersebut.

Aksi ini pun langsung mendapat sorotan dari Anggota DPR RI fraksi Nasdem Farhan. Menurutnya, Bantu 1 Ajak 2 ini merupakan aksi yang patut diapresiasi dan dilakukan.

"Inisiasi baik untuk partisipasi sosial, karena tidak semua orang sanggup #dirumahaja, maka untuk membantu semua orang harus dilakukan oleh semua orang juga. Cerdas, loh #bantu1ajak2," tulis di Twitter.

farhan

Addie MS pun memberikan apresiasi dari adanya gerakan luar biasa di tengah pandemi COVID-19 ini. "Satu lagi remaja keren! Bekerja di rumah untuk sementara adalah cara efektif untuk memutus penularan COVID-19. Tapi, tentu tidaklah mudah buat pekerja harian. Remaja ini mengajak kita melakukan gerakan #Bantu1Ajak2," ungakpnya di Twitter.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini