nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Notaris Ini Sibuk Galang Donasi Bantu Sesama di Tengah Pandemi Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 01 April 2020 19:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 01 612 2192572 notaris-ini-sibuk-galang-donasi-bantu-sesama-di-tengah-pandemi-corona-yOFIOGmH59.jpg

Di tengah situasi pandemi corona ini, sudah selayaknya kita saling bantu. Itulah pesan yang ingin disampaikan Rahayu Hoed, notaris yang kini sibuk galang donasi untuk berbagai aksi kemanusiaan.

Sejak sebulan lalu, Rahayu Hoed, wanita karier yang biasanya sibuk mengelola kantor notaris ini, sekarang juga sibuk menggalang donasi untuk aksi kemanusiaan di tengah pandemi covid-19.

“Sejak sebulan lalu, saya sebenarnya mulai berdonasi APD (Alat Perlindungan Diri) untuk para dokter dan tenaga medis di rumah sakit. Jadi awalnya, seorang teman yang jadi kepala rumah sakit rujukan Covid-19 bercerita ke saya bahwa rumah sakit mulai susah mendapatkan masker, sarung tangan medis dan juga baju APD lengkap. Hati saya tergerak untuk merogoh kocek sendiri mencari dan membeli APD untuk disumbangkan ke tenaga medis. Saat itu, harga per baju APD sudah mencapai sekitar Rp1,6 juta,”cerita Rahayu yang akrab dipanggil Yayuk kepada Okezone lewat sambungan telepon.

Lama kelamaan, karena harga APD yang semakin melambung dan juga stock-nya yang sangat langka, membuat Yayuk terpaksa menghentikan aksi solidaritas pada tenaga medis. Tapi, hati kecilnya tetap terusik untuk terus berbuat sesuatu membantu Indonesia di tengah pandemi corona ini. Akhirnya, Yayuk perempuan berusia 59 ini melihat kondisi masyarakat pra sejahtera yang sangat terpukul dengan lesunya situasi perekonomian.

Sembako untuk orang tak mampu

Imbas pandemi corona mulai terasa pada para pekerja sektor informal atau pekerja harian. Kini, banyak di antara mereka yang kehilangan mata pencaharian. Situasi sulit yang kini mulai dirasakan oleh banyak pekerja sektor informal: buruh harian, driver ojol, sopir taksi, kuli angkut di pasar, karena banyak perkantoran dan pusat bisnis yang masih ditutup karena mesti menjalankan work from home. Banyak pekerja sektor informal yang mulai sulit mendapatkan nafkah, padahal mereka sangat mengandalkan pemasukan harian untuk menghidupi keluarganya.

Tanggap pada situasi darurat ini, maka Rahayu Hoed, notaris ternama di Jakarta ini tergerak hatinya untuk membantu sesama di lingkungan sekitar perumahannya dulu.

“Sudah beberapa hari ini saya membagi sembako pada tetangga sekitar 100 paket dan sekarang ke tempat lain yang membutuhkan. Awalnya untuk aksi bantu sesama ini, saya juga pakai dana sendiri seperti ketika dulu membeli APD yg hospital grade. Tapi makin hari, makin banyak yang perlu dibantu. Jadi saya mulai kewalahan kalau harus merogoh kocek sendiri terus-menerus, apalagi kantor juga sedang tidak aktif di masa seperti sekarang ini. Padahal saya ingin bantuan sembako ini bisa berjalan berkesinambungan setidaknya sampai akhir Mei,”papar Yayuk.

Ojek online dapat paket sembako corona

Akhirnya Yayuk pun mulai men-share ide berbagi kepada sesama ini kepada WhatsApp Grup Pertemanan yang dimilikinya. Ternyata, mendapat respons positif dari puluhan bahkan ratusan teman Yayuk. Notaris handal ini memulai aksi sosialnya ini dengan mendata para pekerja informal di lingkungan perumahan atau seputar area kantor dengan mengontak Pak RT.

Paket sembako corona

Dari situ, dia mendapat sederet nama yang membutuhkan bantuan. Apa saja sih isi paket sembako yang disiapkan Yayuk untuk para pekerja informal yang terdampak wabah Covid-19 ini? Satu paket sembako biasanya berisi beras 5 lt, minyak 1 lt, gula 1kg, kecap 1 bungkus dan 1 kotak teh seharga Rp100 ribu, siap dibagikan Yayuk sebulan 2 kali kepada orang-orang di sekitar yang membutuhkan.

Kolega, kerabat dan saudara pun mulai tergerak untuk menyumbang sejumlah dana dan meminta Yayuk untuk menyiapkan paket sembako itu dan menyebarnya ke berbagai daerah yang banyak dihuni keluarga pra sejahtera. Kita juga bisa meniru semangat berbagi Rahayu Hoed ini. Yuk, kita mulai peduli dengan tetangga di sekitar yang membutuhkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini