nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Bikin Anak Betah di Rumah Selama Isolasi Diri Corona COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 15:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 02 196 2192995 cara-bikin-anak-betah-di-rumah-selama-isolasi-diri-corona-covid-19-YREXl03oLY.jpg Ilustrasi. (Foto: Activitydaily)

SELAMA pandemi virus corona COVID-19, membuat orang harus physical distancing dan beraktivitas di rumah saja. Tak terkecuali anak-anak, yang pastinya merasa bosan karena tidak boleh keluar rumah dan main bersama teman-temannya.

Terlebih lagi, bagi para orangtua yang memiliki anak kecil, tentu akan menghadapi anak yang rewel kala mereka bosan. Ditambah lagi harus menyelesaikan urusan pekerjaan di rumah, sehingga harus mencari ide agar membuat anak semakin betah di rumah.

Tenang ya, Anda dapat menerapkan beberapa trik hiburan yang bisa membuat anak betah di rumah. Trik hiburan ini bisa diterapkan sesuai dengan usia anak Anda. Merangkum dari The Irishtime, Kamis (2/4/2020), berikut ulasannya.

Balita

balita

Balita memiliki rasa ingin tahu yang besar. Jadi bersihkan beberapa lemari dan isinya yang berupa peralatan makan plastik anak, sendok kayu dan mangkuk, panci, wajan, dan mangkuk pengaduk lainnya.

Kelompok usia ini memiliki minat yang besar terhadap hal-hal terkecil. Anda bisa melakukan banyak hal dekat dengan rumah seperti dilakukan di kebun. Gunakan TV pendidikan untuk membuat mereka tetap aktif, saat berada di dalam ruangan. Melakukan gerak seperti melompat dan menari, akan membuat mereka lelah dan istirahat

Usia 4-6 tahun

Kelompok usia ini masih sangat penasaran. Meminta bantuan mereka untuk menyiapkan makan malam adalah pilihan yang pas. Berikan mereka perlatan plastik untuk memotong, mengupas, mengaduk dan menumbuk.

Menggambar atau mencetak gambar, yang diperoleh dari internet untuk mewarnai, selalu menjadi ide bagus untuk menyibukkan sang anak. Ketika orangtua membutuhkan waktu menyelesaikan beberapa pekerjaan, menyaksikan program pendidikan di Netflix dan YouTube.

Usia 7-9 tahun

anak

Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup di luar rumah, mintalah mereka untuk menemukan hal-hal yang berbeda di sekitar rumah. Hasil temuan mereka di sekitar rumah dapat diubah menjadi permainan yang menyenangkan.

Memanggang, memasak makan malam, atau membuat sesuatu yang sederhana seperti kue biskuit juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Usia 10-12 tahun

anak

Ini adaah masa yang sulit karena anak-anak yang berpikir mereka lebih tua. Mereka akan menikmati sesuatu yang terbaik dari kedua dunia. Melibatkan mereka dalam kegiaran memasak, menulis buku harian bisa menjadi pilihan yang tepat.

Mendorong mereka untuk menggunakan imajinasi dalam bermain bisa menjadi pilihan lainnya. Permainan untuk anak di umur ini aldaha Top Trumps, sepakbola, Pokémon, YU-GI-OH. Mereka dapat memberikan kesenangan selama berjam-jam.

Remaja (12 tahun ke atas)

Remaja melakukan kegiatan karena mereka bosan atau cemas. Ubah momen isolasi diri menjadi kepositifan dengan sebuah rencana. Mereka dapat mengatur permainan dengan baik. Berkebun atau bersih-bersih rumah bisa menjadi alternatif lainnya.

Cara terbaik untuk memberikan kegiatan bagi remaja adalah mengalokasikan pekerjaan baik dengan imbalan atau tidak. Sarankan rencana kegiatan yang bermanfaat bagi masa depannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini