nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Presiden Jokowi Tinjau RS Darurat di Pulau Galang, Intip Fasilitasnya

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 11:29 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 481 2192840 presiden-jokowi-tinjau-rs-darurat-di-pulau-galang-intip-fasilitasnya-R5D9ii14Du.jpg Presiden Jokowi tinjau RS Darurat di Pulau Galang (Foto : BPMI Setpres)

Pandemi virus corona COVID-19 membuat pemerintah memutar otak untuk memikirkan bagaimana cara menampung para pasien yang positif terinfeksi. Salah satunya adalah menyiapkan fasilitas di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

Sekadar Informasi Pulau Galang ini dulunya digunakan sebagai tempat penampungan para pengungsi Vietnam. Jarak menuju Pulau Galang sekira 56 kilometer dari Kota Batam. Baru-baru ini Presiden Joko Widodo melakukan sidak terhadap fasilitas yang ada di Pulau Galang.

Nantinya Pulau Galang ini akan digunakan sebagai fasilitas observasi, penampungan, dan karantina untuk pengendalian COVID-19. Fasilitas yang sudah direncanakan oleh pemerintah sejak awal Maret ini kabarnya akan siap beroperasi paling lambat pada Senin depan.

Melaui akun Instagram pribadinya @jokowi, Presiden bersama para staffnya meninjau langsung persiapan yang sudah dilakukan di Pulau Galang.

“Semuanya ini memang kita rencanakan dan kita siapkan. Kita berharap tidak terjadi tapi paling tidak kita siap. Wisma Atlet kami siapkan 2.400 bed siap, tapi alhamdullilah sampai saat ini baru digunakan 400,” terang Jokowi dalam video singkatnya.

Mengenai fasilitas yang sudah tersedia di Pulau Galang, Presiden Jokowi mengatakan sudah ada 360 bed yang tersedia untuk para pasien COVID-19. Selain itu telah disiapkan pula 20 ruang isolasi ICU dan 30 ruang isolasi yang non-ICU.

Bangunan pun sudah bersih dan tertata rapi dan siap untuk digunakan. Selain itu fasilitas penunjang lain seperti peralatan, ranjang, serta perlengkapan kemanan lainnya sudah tersedia dengan lengkap.

“Kita harapakan ini nggak dipakai tapi kita siapkan. Kita siap,” tuntas Jokowi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini