nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Lansia saat Pandemi COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 13:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 481 2192860 5-cara-meningkatkan-imunitas-tubuh-lansia-saat-pandemi-covid-19-h4AapcSEBd.jpg Ilustrasi (Foto : Healthline)

Tinggal bersama orangtua atau lansia selama pandemi virus corona (COVID-19) tentu memerlukan perhatian dan perawatan yang khusus. Pasalnya lansia adalah generasi yang rentan untuk terinfeksi virus yang menyerang saluran pernapasan ini.

Tapi ada beberapa cara yang bisa diupayakan untuk tetap menjaga kesehatan para lansia yang rentan terhadap COVID-19. Melansir dari A Place for Mom, Kamis (2/4/2020), berikut lima cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh para lansia dari serangan COVID-19.

1. Cuci tangan

Mencuci tangan secara rutin dan benar dapat membantu mencegah penyebaran kuman penyebab penyakit dari satu orang ke orang lain. Pastikan untuk membersihkan tangan dengan sabun dan gosok setidaknya 20 detik sebelum dibilas dengan air.

CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan. Cuci tangan juga diperlukan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, sebelum dan sesudah merawat seseorang yang sakit dan setelah batuk atau bersin.

Cuci Tangan

2. Melakukan vaksinasi flu

Satu-satunya cara terbaik untuk mencegah flu musiman adalah vaksinasi. Komplikasi flu, termasuk rawat inap dan kematian, bisa sangat parah pada lansia. Menurut CDC, vaksin flu dapat mengurangi risiko penyakit terkait flu hingga sebesar 60%.

3. Mengonsumsi makanan yang seimbang

Diet sehat sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang kuat. Seiring bertambahnya usia, kebutuhan nutrisi dan kebiasaan makan mungkin berubah karena berbagai alasan. Gizi buruk atau kekurangan gizi juga dapat berdampak pada lansia.

Hal tersebut dapat memengaruhi kesehatan jantung, menyebabkan diabetes tipe 2 dan beberapa bentuk kanker, serta melemahkan tulang dan otot. Oleh sebab itu asupan makanan bernutrisi sangat diperlukan bagi para lansia.

Protein seperti makanan laut, daging tanpa lemak, unggas, telur, kacang-kacangan, dan kacang polong

Vitamin A seperti ubi, wortel, brokoli, dan bayam

Vitamin C seperti makanan jeruk, stroberi, dan sereal tertentu

Vitamin E seperti almond, hazelnut, dan selai kacang

Zinc seperti daging tanpa lemak, unggas, susu, produk gandum, dan kacang-kacangan.

Lansia Diet Sehat

4. Tetap aktif

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu para lansia tetap kuat, mandiri, dan sehat. Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS merekomendasikan lansia untuk beraktivitas fisik setidaknya 150 menit (2 jam dan 30 menit) latihan intensitas sedang setiap minggu.

Beberapa olahraga ringan bisa dilakukan misalnya, berjalan kaki selama 10 menit atau mencoba yoga dan Tai Chi untuk meningkatkan fleksibilitas dan meningkatkan kesehatan mental dan emosional, memperkuat otot, serta meningkatkan keseimbangan.

5. Kurangi tingkat stres

Mengelola stres adalah aspek penting dari kesehatan kekebalan tubuh. Studi menunjukkan bahwa stres kronis berdampak pada kesehatan kekebalan tubuh dan menghambat kemampuan sistem kekebalan tubuh Anda untuk memerangi peradangan dan infeksi.

Relaksasi, seperti meditasi, yoga, Tai Chi, dan latihan pernapasan dalam dapat memiliki efek positif dalam menjaga kesehatan dan mengurangi stress. Terapi perilaku kognitif dapat menjadi alat yang baik untuk menggantikan pikiran negatif dengan pandangan yang lebih positif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini