nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berat Badan Melonjak Saat Kerja dari Rumah? Coba 5 Cara Ini

Fitria Dwi Astuti , Jurnalis · Kamis 02 April 2020 18:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 481 2193139 berat-badan-melonjak-saat-kerja-dari-rumah-coba-5-cara-ini-XlQ3gwHQvM.jpg Kerja dari Rumah Akibat Wabah Corona (Foto: Point Greek)

KETIKA aktivitas menjadi terbatas akibat mati gaya kala kerja dari rumah (work from home), berat badan malah timbangannya naik bebas.

Apalagi ketika aktivitas makan atau mengonsumsi camilan menjadi pelarian ketika rasa bosan atau suntuk sering kali datang saat kerja dari rumah (WFH). Biar nggak kebablasan, berikut beberapa cara agar berat badanmu tetap terjaga selama kerja di rumah.

1. Atur jam makan

Ketika berada di rumah nafsu makan mungkin bertambah karena minim kegiatan. Mulai mengatur pola makan sesuai jam kantor yang biasa dilakukan sepertinya perlu dipraktikkan.

Terapkan kebiasaan sarapan di pagi hari seperti sebelum berangkat kantor, dan makan siang di jam yang sama seperti saat berada di kantor. Pastikan juga selalu mengonsumsi makanan sehat, bukan makanan cepat saji selama di rumah karena akan memperbesar peluang berat badan naik.

2. Konsumsi makanan yang mengenyangkan

Menghabiskan banyak waktu bekerja di rumah terkadang membuat seseorang sampai lupa waktu makan dan memilih mengonsumsi camilan tak sehat. Dampaknya, seseorang jadi mudah kenyang tanpa mengonsumsi makanan bergizi.

Tentu itu awal mula kebiasaan yang tidak baik untuk kesehatan. Untuk menyiasatinya, pilih konsumsi makanan yang mengenyangkan untuk mengisi nutrisi tubuh setiap harinya, seperti oatmeal, gandum sampai nasi beras merah.

3. Mengatur camilan

Mulai sekarang, berhati-hatilah saat memilih camilan selama berada di rumah. Camilan yang banyak mengandung pengawet makanan dan penyedap rasa bisa menjadi salah satu faktor penyebab bertambahnya berat badan.

Apabila kamu merasa lapar, lebih baik kamu langsung menyantap makanan yang lebih berat dibandingkan harus makan camilan berkali-kali dalam sehari. Jika ingin aman, belilah buah-buahan atau buatlah salad sebagaj camilan sehat pengganjal rasa lapar. Selain mengganjal perut, dua jenis makanan ini juga menyehatkan tubuh.

4. Berolahraga ringan

Meluangkan waktu untuk berolahraga ringan selama berada di rumah merupakan hal penting yang harus dilakukan. Berolahraga ringan di rumah bisa membakar kalori dan lemak dengan baik. Bukan hanya itu, berolahraga juga bisa menambah energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bahkan dengan olahraga, daya tahan tubuh bisa meningkat sehingga tubuh akan tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

5. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup menjadi salah satu cara menjaga berat badan, yaitu dengan tidur yang cukup. Untuk mendapatkan kebutuhan tidur yang cukup aelama 6-8 jam per hari, sebaiknya menghindari kebiasaan-kebiasaan yang mengganggu kualitas tidur. Seperti makan terlalu banyak yang menyebabkan kembung, terlalu banyak makan camilan, juga mengonsumsi kafein.

Selamat mencoba dan pastikan tetap have fun yaa, karena perasaan bahagia terbukti mampu meningkatkan imunitas tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini