nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Bagi-Bagi APD, Paling Banyak ke Jawa Barat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 02 481 2193193 pemerintah-bagi-bagi-apd-paling-banyak-ke-jawa-barat-g4sjTJkmDO.jpg APD. (Twitter/KemenkesRI)

ALAT Pelindung Diri (APD) merupakan salah satu elemen terpenting, guna memutus mata rantai penularan virus corona atau COVID-19. APD inilah salah satu hal yang mampu melindungi para tenaga medis dalam menangani pasien corona.

Namun sayangnya, semakin hari stok APD di Indonesia semakin menipis. Pemerintah bahkan harus menyuplai alat tersebut dari sejumlah negara termasuk China.

apd

Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achamad Yurianto mengatakan, bantuan APD yang diterima pemerintah telah didistribusikan di sejumlah provinsi, sesuai dengan kebutuhan tenaga medis masing.

"Alat Pelindung Diri (APD) terus didistribusikan sejak 23 Maret lalu sampai 31 Maret kemarin," ujarnya dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Kamis (2/4/2020).

Yuri kemudian membeberkan peta penyebaran APD yang terbagi menjadi beberapa wilayah. Di mulai dari DKI Jakarta yang mendapatkan sekitar 85.000 APD.

Lalu ada Provinsi Jawa Barat menerima suplai APD sebanyak 55 ribu, Jawa Tengah 20 ribu, Jawa Timur 25 ribu, Daerah Istimewa Yogyakarta 10 ribu, Bali 12,5 ribu, Banten 10 ribu. Kemudian provinsi lain rata-rata menerima 5 ribu APD.

Yuri mengimbau agar setiap rumah sakit di seluruh daerah untuk berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat. Mengingat di tempat inilah titik distribusi APD ditetapkan.

"Pendistribusian APD ini akan terus kita lakukan sejalan dengan kebutuhan masing-masing daerah. Ini menjadi salah satu bukti kesungguhan pemerintah dan masyarakat dalam memberantas COVID-19," tandasnya.

Sekadar informasi, data terakhir yang dikeluarkan BNPB per hari ini (2/4) pukul 12.00 WIB, total kasus positif COVID-19 menyentuh angka 1.790 kasus, dengan 112 orang dinyatakan sembuh, dan 170 orang dilaporkan meninggal dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini