nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Work from Home Bikin Biaya Internet Melonjak

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 16:54 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 612 2193088 work-from-home-bikin-biaya-internet-melonjak-TvVub73Hol.jpg ilustrasi: shutterstock

PENERAPAN sistem work from home (WFH)dari pemerintah karena pandemi corona ini menimbulkan dilema baru di tengah masyarakat. Pasalnya, pekerjaan yang biasa dilakukan di kantor kali ini dilakukan di rumah secara online yang mengharuskan mereka menggunakan internet pribadi.

Hal ini tentu membutuhkan cost yang lebih untuk membeli pulsa internet. Seperti yang dialami oleh seorang Project Manager IT, Kurniawati mengaku bahwa cost untuk membeli paket internet membengkak hingga lima kali lipat.

"Karena kerjaan saya kan di bidang IT, butuh upload, download, kadang meeting juga lewat video call. Bisa 5 kali lipat lah ngeluarin uang buat beli paket internet," ujarnya saat dihubungi okezone via telepon pada Rabu (1/4/2020).

Kurniawati yang biasanya hanya menghabiskan kuota sekitar 20 GB selama satu bulan, saat ini ia bisa menghabiskan lebih dari 10 GB selama satu hari.

"Ya 10GB-an lah sehari kalau lagi ada project yang deadline. Biasanya upload sih yang makan kuota gede," sambungnya.

Meski mengeluarkan cost yang besar untuk pembelian paket internet, dirinya masih enggan untuk beralih ke wifi. Menurutnya, Wifi tidak terlalu membantu dalam menyelesaikan pekerjaannya.

"Wifi itu kan unlimited ya, saya pernah pasang wifi, menjelang akhir bulan jaringannya lemot. Seperti dikurangi bandwidth-nya. Kalau kuota kan berapapun habis pemakaian kecepatannya tetap stabil," sambungnya.

Di sisi lain, Kurniawati juga berharap agar wabah corona segera berakhir. Untuk itu, dia sangat mendukung kebijakan pemerintah terkait pelaksanaan WFH. Ia berusaha untuk membatasi frekuensi keluar rumah.

"Sekarang saya kalau nggak mendesak banget ya nggak akan keluar. Stay di rumah aja. Kalau misalnya perlu sesuatu saya belanja online," tutup wanita 36 tahun tersebut.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini