nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ridwan Kamil: Pemudik Bisa Bawa Virus di Tengah Pandemi Corona COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 18:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 612 2193140 ridwan-kamil-pemudik-bisa-bawa-virus-di-tengah-pandemi-corona-covid-19-AcjZsQXhyQ.jpg Ridwan Kamil. (Foto: Okezone)

PANDEMI virus corona COVID-19 yang berdekatan dengan Idul Fitri dikhawatirkan bisa membuat penyakit menyebar dengan cepat. Sayangnya hingga saat ini, masih banyak masyarakat nekat untuk pulang menuju kampung halamannya.

Laporan mengatakan, tak sedikit para pemudik yang membawa COVID-19 dan menularkannya ke sanak keluarga yang berada di kampung. Sekadar informasi, baru-baru ini ada seorang pasien stroke yang positif COVID-19 di Ciamis sesudah ditengok anaknya dari Jakarta.

rk

Hal ini membuat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil geram. Ia kembali mengimbau masyarakat untuk tidak pulang kampung di tengah pandemi.

“Kekhawatiran dampak mudik itu nyata adanya. Berita ini hanya satu dari sekian banyak orangtua di Jawa Barat yang sekarang positif COVID-19, karena dikunjungi anaknya atau saudaranya yang mudik. Tanpa sadar bahwa ia membawa virus ke kampung halaman,” terang Ridwan melalui akun Instagramnya @ridwankamil.

Lebih lanjut Ridwan memberikan empat pesan kepada masyarakat supaya tidak nekat memaksakan pulang kampung di tengah pandemi COVID-19. Apa saja?

1. Jangan mudik dulu di situasi pandemi COVID-19.

2. Dari data, pemudik rata-rata milenial. Pasien COVID-19 rata-rata senior dan lansia. Tahan diri dan sayangi orangtua kita dengan tidak mudik dulu.

3.Perantau di Jakarta yang ekonominya terdampak COVID-19 ini, hajat hidupnya akan dibantu tunai atau pangan oleh Pemerintah DKI atau Pemerintah Pusat.

4.Jika pulang kampung Anda otomatis status ODP, dan wajib karantina diri selama 14 hari.

“Mari taat dan tidak baradegongs. Hatur nuhun,” tulis Ridwan Kamil dalam unggahannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini