nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makin Buncit karena WFH? Nih 3 Olahraga yang Jaga Bentuk Tubuh

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 20:32 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 02 612 2193220 makin-buncit-karena-wfh-nih-3-olahraga-yang-jaga-bentuk-tubuh-Kr7b5TRwfr.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BEKERJA dari rumah atau yang tengah ngetren dengan istilah Work From Home (WFH) guna menurunkan angka persebaran virus corona COVID-19. Kerja di rumah mungkin nyaman, lebih nyaman dari kerja di kantor, tapi jangan sampai karena nyaman ini membuat tubuh kamu makin bulat.

Pasalnya setelah makan orang enggan beraktivitas kembali, apalagi kalau sudah nyaman duduk di kursi. Akibatnya, penumpukan lemak di tubuh pun semakin banyak terjadi.

Tapi jangan khawatir, seorang pelatih pribadi, Astrid Swanm, membagikan tips agar Anda tetap bisa berolahraga dengan cepat. Anda hanya perlu meluangkan waktu selama beberapa menit saja.

"Rencana latihan ini sangat sederhana dan rasanya menyenangkan untuk berkeringat sedikit karena membakar kalori yang baru saja Anda makan,” tutur Astrid seperti yang dikutip dari Health. Berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan:

perut buncit

Overhead squat dengan twist knee

Berdirilah dengan posisi kaki selebar pinggul. Bentangkan handuk kecil di atas kepala dan tahan dengan kencang. Kemudian jongkok dengan menjaga dada dan lutut berada di belakang jari kaki.

Dorong tumit untuk berdiri sambil mengangkat salah satu lutut dan memutar tubuh ke arah lutut yang dilakukan. Ulangi gerakan untuk lutut yang berbeda.


Lunges dengan twist

Ambil posisi seperti gerakan pertama. Bedanya, sambil memegang handuk tekuklah lengan secara lurus hingga 90°. Kemudian putar badan dan turunkan lengan secara diagonal dengan salah satu paha menekuk.

Ulangi masing-masing gerakan untuk tekukan ke kanan, kiri, dan depan. Selanjutnya, lompatlah sedikit mungkin dan mendarat dengan salah satu kaki jinjit kemudian berputar. Ulangi secara bergantian.

Slide lunge lateral

Buka kedua kaki dan kemudian tekuk kaki kanan kea rah yang sama dan tekuk lutut kiri hingga posisinya miring. Kemudian berdiri secara perlahan. Ulangi gerakan dengan kaki yang berbeda.

Sliding mountain climbers

Ambil posisi merangkak di mana lutut menyentuh tanah. Kemudian gerakan kaki seperti orang mendaki gunung atau berlari. Lakukan secara bergantian.

Masing-masing gerakan di atas cukup dilakukan hanya dalam waktu 50 detik kemudian 10 detik berikutnya istirahat. Ulangi gerakan hingga empat repetisi. Meskipun terlihat sederhana, gerakan ini bisa menjaga bentuk tubuh Anda loh karena kurangnya beraktifitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini