nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Punya Masalah Sembelit? Coba Gerakan Yoga Ini Deh

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 21:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 02 612 2193224 punya-masalah-sembelit-coba-gerakan-yoga-ini-deh-iTV14Xnr7I.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

DUDUK terlalu lama bisa menyebabkan rasa tidak nyaman di perut Anda loh. Apalagi jika Anda salah makan, bukan tidak mungkin malah mengalami konstipasi, kalau tidak kenal istilah medisnya, istilah awamnya adalah sembelit.

Kondisi ini akan membuat Anda mengalami sulit buang air besar. Bagi Anda yang mengalami sembelit, pasti rasa nyeri atau tidak nyaman di perut bisa mengganggu aktivitas Anda.

Nah, ada loh beberapa gerakan yoga yang bisa mengurangi sembelit. Dengan gerakan ini, maka bisa mempercepat pergerakan makanan di dalam usus besar. Jika makanan cepat lewat di usus besar maka akan lebih sedikit jumlah air yang terserap dari feses ke dalam tubuh.

Kenapa air yang diserap harus lebih sedikit? Kalau banyak air dari feses yang terserap, nanti akan membuat teksturnya keras dan kering sehingga susah melewati usus. Jika teksturnya tidak terlalu keras karena mengandung air yang cukup, feses pun akan lancar keluar dari tubuh.

Selain itu, gerakan ini juga akan membantu pernapasan dan meningkatkan detak jantung. Kondisi ini akan menstimulasi kontraksi alamiah usus. Otot usus yang berkontraksi secara efisien akan membantu pengeluaran makanan di usus lebih lancar.

Beberapa pose yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan sehingga bisa menstimulasi pergerakan usus. Itulah mengapa yoga bisa menjadi salah satu olahraga untuk mengatasi sembelit. Ada beberapa pose yang dapat Anda lakukan baik pagi, sore, maupun malam hari di rumah.

Gerakan-gerakan ini juga sangat mudah dan praktis dilakukan oleh semua orang. Yuk simak ulasannya seperti dilansir dari WebMD.

Pose cat dan cow

Gerakan pose ini dimulai dengan posisi seperti bayi yang akan merangkak. Kedua telapak tangan dan lutut menempel di matras atau lantai. Ketika pose cat lakukan pembuangan napas. Sedangkan kerika sedang pose cow lakukan penarikan napas. Ulangi gerakannya bergantian cat, cow, cat, cow, dan seterusnya hingga 10 kali tiap pose. Ikuti gambar berikut.

gerakan yoga

Cat pose


gerakan yoga

Cow pose

Wind relieving pose 

Berbaringlah di atas matras. Tekuk kedua kaki ke atas dada. Peluk kedua kaki dengan tangan. Tahan beberapa menit. Anda juga bisa melakukannya dengan posisi kaki bergantian. Satu diluruskan, satu ditekuk sambil dipeluk dan tahan selama 30 detik. Lebih jelasnya, perhatikan gambar berikut ini.

gerakan yoga

wind relieving pose dengan kedua kaki sekaligus

gerakan yoga

wind relieving pose satu per satu

Suspine twisting

gerakan yoga

Berbaringlah di atas matras. Pertama, tekuk kaki seperti pose wind relieving dengan satu kaki. Kedua, dorong kaki yang ditekuk ke sisi sebrangnya. Jika kaki kanan yang ditekuk, maka didorong ke kiri dan tahan di pose ini.

Posisi bahu harus tetap menempel matras. Hanya kaki yang berpindah. Tahan posenya seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya bergantian bagian kaki kiri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini