Yuk Ajarkan Anak Jadi Agen Berantas Virus Corona COVID-19

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 03 196 2193814 yuk-ajarkan-anak-jadi-agen-berantas-virus-corona-covid-19-iLzaTFx6qa.jpg Ilustrasi. (Foto: Education)

ANAK-anak dapat menjadi agen untuk ikut melawan virus corona COVID-19. Maka setiap orangtua tidak boleh menutupi informasi kepada anak-anak seputar virus corona COVID-19 ini.

Siapapun dapat ikut mencegah penyebaran virus corona, termasuk anak-anak. Maka berikan pemahaman kepada anak dengan menerapkan budaya ramah anak.

Seperti apa caranya? Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto akan berbagi tips kepada orangtua, saat memberikan pemahaman kepada anak, dalam mencegah risiko penularan virus corona, dimulai dari lingkungan keluarga.

Pastikan anak bermain dengan aman dan edukatif

anak

Selama berada di dalam rumah berikan anak permainan yang edukatif ya. Hindari permainan yang mengandung kekerasan dan sadisme, serta bentuk permainan lain yang negatif. Karena hal tersebut rentan mempengaruhi tumbuh kembang anak. Khususnya anak-anak usia balita.

Beri contoh baik kepada anak

Jadilah orang terdekat untuk anak, yang slalu menghadirkan contoh positif bagi mereka. Didik anak dengan pembiasaan baik dan membahagiakan, serta dapat mencegah anak dari paparan virus corona.

Menjaga imunitas anak

Enggak cuma orangtua saja yang harus menjaga imunitas, anak-anak juga harus dijaga imunitasnya. Karena, sistem kekebalan tubuh atau imun yang baik, merupakan pelindung yang paling optimal. Istirahat yang cukup, asupan gizi seimbang, berolahraga bersama keluarga, memberikan ASI pada bayi, pola hidup bersih dan sehat untuk meningkatkan imunitas anak.

Jangan biarkan anak bermain di luar ruangan

anak

Pastikan anak, tidak berada dalam kerumunan. Physical distancing juga harus diajarkan kepada anak, sebagai cara untuk menghindari penyebaran virus corona lebih luas. Maka, semua anak harus ditumbuhkan kesadarannya dengan cara yang tepat sesuai usianya. Ingat ini ya!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini