nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benda-Benda di Rumah yang Perlu Disemprot Disinfektan

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 09:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 03 481 2193401 benda-benda-di-rumah-yang-perlu-disemprot-disinfektan-ImEqaby1DA.jpg Ilustrasi (Foto : Washingtonpost)

Selain rajin mencuci tangan dengan air dan sabun, virus corona SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 memunculkan kegiatan baru, menyemprotkan disinfektan.

Menyemprotkan disinfektan di rumah kini dilakukan masyarakat sebagai bagian dari kegiatan bersih-bersih. Menyemprotkan disinfektan, membersihkan kuman, virus, bakteri, dan kotoran yang menempel pada benda-benda rumah dengan menggunakan cairan yang mengandung bahan kimia.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) mengatakan, menyemprotkan disinfektan tidak serta merta membersihkan permukaan yang kotor atau menghilangkan kuman. Tetapi dengan membunuh kuman di permukaan setelah dibersihkan dapat menurunkan risiko penyebaran infeksi.

Semprot Disinfektan

Lalu apa saja benda-benda di rumah yang bisa disemprot disinfektan? Menyitat CDC, Jumat (3/4/2020) kita bisa menyemprotkan disinfektan ke permukaan benda-benda yang sering disentuh tangan. Mulai dari meja, gagang pintu kamar, gagang pintu kamar mandi, sakelar lampu, toilet, keran, wastafel, hingga barang-barang elektronik.

Namun patut diperhatikan, untuk barang-barang elektronik kita tidak bisa asal sembarangan menyemprotkan disinfektan. Pertama, periksa dulu label berisi instruksi untuk penggunaan yang aman dan efektif dari produk pembersih. Baca dulu termasuk tindakan pencegahan yang perlu dilakukan saat membersihkan barang elektronik tersebut, misalnya wajib menggunakan sarung tangan hingga memastikan di rumah Anda memiliki ventilasi yang baik.

Untuk elektronik, disarankan memang untuk kita mengikuti instruksi dari pabriknya. Pertimbangkan juga untuk menggunakan penutup khusus elektronik yang bisa dilap (wipeable covers).

Nah, jika tidak ada instruksi panduan dari pabrik, kita bisa membersihkan barang elektronik ini memakai lap dan semprotan berisi cairan berbasis alkohol yang mengandung setidaknya 70persen alkohol untuk mendisinfeksi bagian layar touch screens. Setelah itu, kita wajib untuk mengeringkan permukaannya secara menyeluruh agar tidak terjadi pengumpulan cairan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini