nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Obat Tamiflu Jadi Solusi Penanganan COVID-19 ala Menkes Terawan, Efek Sampingnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 12:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 03 481 2193468 obat-tamiflu-jadi-solusi-penanganan-covid-19-ala-menkes-terawan-efek-sampingnya-8wNHroPL0e.jpg Obat Tamiflu (Foto : Theconversation)

Antivirus Tamiflu dijadikan salah satu obat penanganan COVID-19. Keputusan ini diambil Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berdasar rekomendasi perhimpunan dokter paru Indonesia.

Obat dengan kandungan Oseltamivir buatan Amerika Serikat ini sebelumnya digunakan untuk penanganan flu burung. Antivirus ini dipercaya dapat mempercepat pemulihan pasien dengan gejala flu, seperti pasien COVID-19, hingga 1-2 hari.

Tapi, Anda mesti tahu bahwa setiap obat kimia memiliki efek samping. Itu juga yang terdapat pada Tamiflu yang dipakai Menkes Terawan untuk penanganan COVID-19. Jadi, apa efek samping dari antivirus ini?

Obat Tamiflu

Menurut laporan Web MD, sekali pun Tamiflu dipercaya dapat membantu memperbaiki kondisi seperti hidung tersumbat, batuk, sakit tenggorokan, demam hingga mengigil, nyeri tubuh, dan rasa letih, obat ini memiliki efek samping yang wajib diketahui penggunanya.

Efek samping yang umum terjadi adalah mual dan muntah. Jika pasien yang mengonsumsi Tamiflu merasakan kondisi yang semakin buruk, beri tahu segera dokter supaya mendapat penanganan lebih lanjut.

Selain itu, pada beberapa kasus, khususnya anak-anak, obat ini menyebabkan kebingungan, agitasi, bahkan mencelakai diri sendiri.

Reaksi alergi yang sangat serius terhadap obat ini jarang terjadi. Namun, dapatkan bantuan medis segera jika Anda melihat gejala-gejala reaksi alergi serius, seperti: ruam, gatal atau bengkak (terutama pada wajah atau lidah atau tenggorokan), pusing parah, dan kesulitan bernapas.

Ingatlah bahwa dokter telah meresepkan obat ini karena ia telah menilai bahwa manfaatnya bagi Anda lebih besar daripada risiko efek samping. Banyak orang yang menggunakan obat ini tidak memiliki efek samping yang serius.

Catatan penting lainnya adalah efek samping yang telah dijelaskan di atas bukan 'daftar lengkap', sehingga ada kemungkinan terjadinya efek samping yang lain. Ingat, segera hubungi dokter jika kondisi Anda tidak kunjung membaik atau semakin parah setelah mengonsumsi obat antivirus Tamiflu ini.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini