nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Apa Arti Herd Immunity yang Lagi Ramai Dibahas Netizen?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 14:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 03 481 2193574 apa-arti-herd-immunity-yang-lagi-ramai-dibahas-netizen-m3tqqteehT.jpg Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

ISTILAH herd immunity kembali dibahas karena sedang trending di kalangan netizen. Lalu apa sih artinya herd immunity itu?

Herd immunity merupakan cara untuk menjaga kekebalan kelompok. Sebelumnya Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, meminta seluruh warganya untuk bekerja dari rumah, mengindari restoran, bar, dan angkutan umum, serta menerapkan physical distancing.

Wacana tersebut sempat menimbulkan protes keras dari sejumlah kalangan termasuk dari para ilmuwan. Sebagian orang beranggapan herd immunity bukanlah ide yang baik, bahkan dapat meningkatkan jumlah korban jiwa secara drastis.

herd

Dilansir Okezone dari Bussinesinsider, Jumat (3/4/2020), herd immunity adalah ketika sebagian besar populasi kebal terhadap patogen, sehingga penularan tidak terjadi secara luas. Contohnya, untuk membatasi penyebaran campak, para ahli memperkirakan bahwa 93% hingga 95% dari populasi harus kebal.

Kekebalan kelompok disinyalir bisa dilakukan secara alami. Dalam kasus pandemi COVID-19, semakin banyak orang yang terinfeksi, maka bakal lebih banyak orang yang sembuh dan kemudian menjadi kebal.

Profesor Penyakit Menular dari London School of Hygiene, Martin Hibberd mengatakan, apabila sekira 70 persen populasi yang terinfeksi telah pulih, maka kemungkinan wabah COVID-19 jauh lebih sedikit.

Sayangnya, cara melawan corona dengan herd immunity ini telah menjadi perdebatan publik, sejak istilah itu pertama kali disebutkan oleh Perdana Menteri Belanda Mark Rutte.

Karena sebagaimana diketahui, cara seseorang bisa melawan virus corona atau COVID-19, yakni dengan menjaga imunitas dan menjaga kebersihan diri masing-masing.

Dengan cara menggunakan masker saat batuk atau flu, rajin cuci tangan pakai sabun, berjemur setiap pagi, konsumsi makanan bergizi, hingga merelaksasi diri agar tidak mudah stres.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini