nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kak Seto Imbau Orangtua Terapkan Program GEMBIRA pada Anak Selama Masa Physical Distancing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 11:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 04 196 2194044 kak-seto-imbau-orangtua-terapkan-program-gembira-pada-anak-selama-masa-physical-distancing-8ZxdYpJW0Z.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PENERAPAN physical distancing selama pandemi virus corona (COVID-19) membuat para orangtua dituntut untuk lebih kreatif menciptakan suasana rumah yang nyaman bagi anak sehingga tak membosankan. Salah satu kuncinya adalah kreatifitas dan kesabaran dalam menghadapi si kecil.

“Kuncinya harus sabar dan kreatif. Jangan sampai saat mereka belajar di dalam keluarga, anak menjadi stres karena sikap orangtua yang tidak sabar,” ujar Psikolog Anak Dr. Seto Mulyadi S.Psi, M.Si dalam live streaming Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Sabtu (4/4/2020).

Salah satu hal yang bisa menyenangkan sang buah hati selama physical distancing adalah memberikan edukasi yang menyenangkan. Dengan cara ini anak akan semakin betah di rumah dan mereka terhindar dari rasa bosan serta stress

“Misalnya saat belajar, kalau mau anak lebih gembira, bisa dibikin menjadi lagu. Ajaran social distancing dan beretika saat batuk dan bersin, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, dan tetap produktif di rumah juga harus ditekankan selama masa ini,” lanjutnya.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Pada kesempatan ini Kak Seto mengatakan orangtua harus menerapkan Program GEMBIRA kepada anak. GEMBIRA ini memiliki makna yang luas dan sangat efektif apabila dilakukan selama masa physical distancing di rumah.

G= Gerak jangan mager. Bisa dilakukan dengan senam pagi, mencuci baju, serta aktivitas fisik lainnya.

E= Emosi yang cerdas. Orangtua harus sabar dan tidak emosi atau berkata kasar. Ungkapkan semuanya dengan cara yang tidak merusak hubungan dengan anak.

M= Mengonsumsi makanan yang bergizi dan sehat.

B= Beribadah dan berdoa. Kegiatan ini bisa dilakukan di dalam rumah. Kekuatan doa bisa membuat orang tenang dan tetap percaya diri saat masa physical distancing.

I= Istirahat cukup. Dengan beristirahat maka seseorang dapat memperbaiki kondisi tubuh dan tidak mudah terserang penyakit.

R= Rukun ramah. Lupakan semua kejadian yang lama dan bersinergi dalam keluarga. Saling menyayangi satu sama lain adalah hal yang paling baik untuk dilakukan.

A= Aktif berkarya. Melukis, menggambar, memasak dan berbagai aktivitas lainnya bisa dilakukan selama berada di rumah. Orangtua diharapkan bisa membuat suasana yang memancing kreatifitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini