Bilik Disinfeksi Berisiko, Ini Rekomendasi Cegah Virus Corona dari Kemenkes

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 10:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 04 481 2194019 bilik-disinfeksi-berisiko-ini-rekomendasi-cegah-virus-corona-dari-kemenkes-OEyLBkDy61.jpeg Ilustrasi. Foto: Demon Fajri/Okezone

PENGGUNAAN bilik disinfeksi dengan konsep menyemprotkan disinfektan ke tubuh manusia guna mencegah penularan virus corona (COVID-19) ternyata berisiko bagi kesehatan. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) justru menyebut tindakan preventif ini dapat menimbulkan banyak hal negatif pada manusia.

Sebagaimana diketahui World Health Organization (WHO) juga mengatakan penyemprotan disinfektan kepada tubuh sangat berbahaya. Tindakan yang kerap dilakukan di bilik disinfeksi ini bisa berdampak pada membran mukosa, misalnya mata dan mulut sehingga berpotensi menimbulkan risiko kesehatan dan merusak pakaian.

Pajanan berulang kali juga dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan saluran pernapasan. Bahkan dalam konsenterasi yang tinggi, larutan hipoklorit yang kerap digunakan sebagai bahan disinfektan akan mengakibatkan kulit terbakar parah.

Oleh sebab itu Kemenkes pun memberikan beberapa rekomendasi yang bisa digunakan masyarakat agar tetap terhindar dari virus corona. Cara ini pun telah disosialisasikan kepada seluruh Dinas Kesehatan Provinsi dan Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.

1.Tidak menganjurkan penggunaan bilik disinfeksi di tempat dan fasilitas umum (TFU) serta pemukiman.

2.Mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir dengan rutin atau menggunakan hand sanitizer.

3.Membersihkan dan melakukan disinfeksi secara rutin di permukaan dan benda-benda yang sering disentuh misalnya: perabot, peralatan kerja, ruangan, pegangan tangga atau eskalator, moda transportasi, dan lain-lain.

3.Jika keluar rumah hindari kerumunan, jaga jarak dan menggunaka masker.

4.Membuka jendela untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik. Jika menggunakan kipas angin atau AC, perlu dilakukan pemeliharaan secara rutin.

5.Segera mandi dan mengganti pakaian setelah bepergian.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini