nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bolehkah Ibu Positif Corona Mengasuh dan Menyusui Bayinya?

Karina Asta Widara , Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 13:06 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 04 481 2194086 bolehkah-ibu-positif-corona-mengasuh-dan-menyusui-bayinya-ug16myeceu.jpg

DI tengah penanganan pasien positif Corona di Indonesia, terbetiklah kabar dua tenaga medis terpapar virus dan dinyatakan positif Corona pula. Yang mengejutkan keduanya tengah hamil. Bagaimana perlakuan perawatan terhadap ibu hamil dan ibu menyusui yang positif Corona?

Dilansir dari laman Sciencemag.org dan Indiatimes.com, beberapa otoritas kesehatan, termasuk di China dan Amerika Serikat merekomendasikan isolasi bayi baru lahir dari ibu mereka yang terinfeksi.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri sangat merekomendasikan ibu menyusui dan ibu hamil dikelompokkan tersendiri. Mereka bisa menjaga bayinya sendiri maupun menyusui langsung asal melakukan tindakan pencegahan seperti mengenakan masker dan terus mengasup obat-obatan serta vitamin yang disarankan dokter.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (Center of Disease Control/CDC) menyebutkan, tidak ada informasi yang cukup dari laporan ilmiah yang diterbitkan tentang kerentanan wanita hamil terhadap virus Corona. Hanya saja yang perlu dicatat bahwa wanita hamil mengalami perubahan imunologis dan fisiologis yang mungkin membuatnya lebih rentan terhadap infeksi virus.

“Dalam serangkaian kasus bayi baru lahir dari ibu dengan status positif virus Corona yang diterbitkan dalam literatur internal, bayi mereka negatif dari paparan virus Corona," tulis CDC dalam ulasannya.

Begitupula hasil yang diamati dalam kandungam air susu ibu (ASI) dari perempuan berstatus pasien positif Corona. Sementara waktu ini tidak ada bukti virus telah ditemukan dalam ASI mereka.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini