nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Cara Unik Hotman Paris Bersihkan Buah Saat Pandemi Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 13:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 04 481 2194099 begini-cara-unik-hotman-paris-bersihkan-buah-saat-pandemi-corona-QymW471t0N.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

PANDEMI virus corona COVID-19 yang menyerang dunia membuat masyarakat meningkatkan kewaspadaan karena khawatir tertular. Salah satu bentuk kepaswadaan itu adalah dengan rajin mencuci tangan, bahkan ada juga yang mencuci makanan seperti buah dan snack dalam kemasan pakai air sabun.

Salah satu orang yang membersihkan buah dan snack dalam kemasan pakai air sabun, yakni Pengacara Kondang, Hotman Paris Hutapea. Melalui akun Instagram-nya @hotmanparisofficial, ia terlihat merendam jeruk dan makanan kemasan yang baru dibeli dengan air sabun dalam wadah ember.

Ia menumpahkan makanan tersebut ke dalam ember besar berwarna hitam lalu mengaduknya dengan tangan sendiri. Pria yang dijuluki Pengacara 30 Miliar ini menilai mencuci buah serta makanan dalam kemasan pakai sabun serta merendamnya sekira 10 menit, bakal efektif membasmi COVID-19.

“Di kediaman Hotman Paris, setiap belanja harus direndam dulu belanjaannya di luar rumah. Nih Hotman rendam sendiri pakai air sabun sebelum masukin ke rumah. Dikocok semua agar terendam sabun,” ucap Hotman sebagaimana video yang diunggah ke Instagramnya.

Lebih lanjut Hotman Paris menyebut tidak ada artinya Lamborghini dan Bentley apabila pemiliknya sakit. Semua mobil mewah yang ada di garasi dan di lapangan tidak akan bisa dipakai lagi.

Sementara dilansir dari laman Foxnews pada Sabtu (4/4/2020), Profesor dan Spesialis Keamanan Makanan di North Carolina State University, Benjamin Chapman mengatakan buah dan sayuran tidak boleh dicuci dengan sabun atau deterjen yang biasa dipakai untuk mencuci piring.

"Konsumen tidak boleh mencuci buah dan sayuran dengan deterjen atau sabun menurut Departemen Pertanian AS (USDA). Produk-produk ini tidak disetujui atau dilabeli oleh Food and Drug Administration (FDA) A.S. untuk digunakan pada makanan. Anda dapat menelan residu dari sabun atau deterjen yang diserap pada produk,” ujarnya.

"Meminum sabun cuci piring atau memakannya dapat menyebabkan mual, dapat menyebabkan sakit perut. Ini bukan senyawa yang benar-benar dibuat untuk perut manusia. Sebagai gantinya, masyarakat harus mencucinya dengan air dingin,” tambah Chapman.

Selain itu banyak pernyataan tidak ilmiah yang beredar di masyarakat dengan kebiasaan mencuci buah dan sayur pakai pemutih. Beberapa di antaranya adalah menggunakan larutan pemutih encer, jus lemon atau cuka untuk mencuci seluruh bahan makanan selama pandemi COVID-19.

“Sekali lagi, tidak ada bukti ilmiah bahwa semua cara ini bisa berhasil. Selain itu, menelan pemutih berbahaya. Tidak ada bukti bahwa sabun nabati dapat menghancurkan SARS-CoV-2, atau virus lain dalam hal ini. Karena tidak ada penelitian ilmiah yang mengatakan itu,” pungkas Chapman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini