nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masker Langka, Ini Cara Menyimpan yang Benar agar Bisa Dipakai Berulang Kali

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 04 481 2194112 masker-langka-ini-cara-menyimpan-yang-benar-agar-bisa-dipakai-berulang-kali-gLFSTrV7aG.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

KELANGKAAN masker menjadi salah satu masalah yang dialami masyarakat Indonesia saat ini. Padahal masker dinilai sebagai salah satu benda yang bisa mencegah penularan virus corona COVID-19.

Saat ini masker bedah menjadi benda yang paling diburu oleh masyarakat. Akan tetapi fungsi masker tidak akan berjalan dengan efektif apabila seseorang tidak bisa menggunakannya dengan baik dan benar.

Hal ini diungkapkan oleh Dokter Siloam Clinic, dr. Joseph Halim. Menurutnya etika menggunakan masker yang benar, membantu penyebaran COVID-19. Sayangnya karena kondisi masker yang sulit diperoleh membuat masyarakat melanggar etika penggunaan masker.

“Secara etika masker kalau sudah dilepas tidak boleh digunakan lagi. Tapi kalau mau di pake lagi karena kelangkaan atau susah, mending dilipat. Lindungi bagian putihnya jangan sampai terpapar,” terang dr. Joseph.

Dokter Joseph menganjurkan masyarakat untuk menggunakan masker bedah yang berwarna hijau. Masker ini kerap digunakan para tenaga medis di rumah sakit karena mampu memberikan filtrasi yang baik terhadap droplets.

Selain itu masker bedah memiliki beberapa keunggulan lain yang terbukti lebih efektif dibandingkan dengan masker kain yang banyak digunakan masyarakat saat ini.

Masker kain tidak dianjurkan karena tidak memiliki filter untuk menyaring patogennya. Tapi masih lebih baik pake masker yang terbuat dari kain, ketimbang tidak menggunakan masker sama sekali,” tuntasnya.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini