nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Orang Tanpa Gejala Penyebab Terus Bertambahnya Pasien Positif Corona

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 20:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 04 481 2194219 orang-tanpa-gejala-penyebab-terus-bertambahnya-pasien-positif-corona-w5u6wvJEwv.jpg

PANDEMI virus corona COVID-19 memuncul beberapa istilah baru yang wajib dikenali oleh masyarakat. Sebelumnya terdapat beberapa istilah terkait COVID-19 yakni orang dalam pengawasan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP).

Seseorang akan disebut sebagai ODP jika orang tersebut baru melakukan perjalanan dari negara atau wilayah terjangkit. Pemeriksaan dilakukan di Kantor Kesehatan Pelabuhan serta Fasilitas Pelayanan Kesehatan untuk masyarakat di wilayah Indonesia.

Apabila mereka sakit dan menunjukkan gejala yang mengarah ke influenza dengan intensitas sedang atau berat dengan ciri-ciri seperti batuk, flu, demam dan gangguan pernapasan, maka status mereka langsung dijadikan sebagai PDP.

Saat ini muncul istilah baru yang dikaitkan dengan pandemi COVID-19, yakni OTG. OTG sendiri adalah singkatan dari orang tanpa gejala. Merangkum dari Instagram resmi Kementerian Kesehatan @kemenkes_ri, OTG adalah orang tanpa gejala namun memiliki kontak erat dengan kasus konfirmasi COVID-19.

Meski terlihat seperti orang sehat, namun orang dengan status OTG ini sangat berbahaya. Bahkan jumlah orang yang positif COVID-19 disebabkan oleh OTG yang melakukan pergerakan. Hal ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.

Tips menghindari corona

“Kami melihat persebaran kasus sekarang muncul akibat pergerakan orang tanpa gejala (OTG) yakni positif tanpa keluhan apapun dari kota-kota besar. Yang kita data memiliki kasus tertinggi sebagai pusat-pusat sebaran ke daerah atau kota-kota sekitar,” ucap Yuri dalam siaran langsung Penanganan COVID-19 di gedung BNPB, Sabtu (4/4/2020).

Oleh sebab itu Yuri mengimbau masyarakat untuk tinggal di rumah sebagai tindakan yang paling benar. Tidak melakukan perjalanan kemana pun, baik ke kampung atau ke rumah saudara maupun ke tempat lain. Pasalnya, ini adalah upaya kita untuk menghentikan penyebaran COVID-19.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini