nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pendeta Iffung, Relawan GMC 19 Sigap Mendisinfektan Berbagai Tempat Ibadah Lintas Agama

Mohammad Saifulloh, Jurnalis · Sabtu 04 April 2020 21:25 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 04 612 2194232 pendeta-iffung-relawan-gmc-19-sigap-mendisinfektan-berbagai-tempat-ibadah-lintas-agama-PWYFQ5JqIk.jpg

SEHARI-HARI Iffung Swala (53) dikenal sebagai seorang pendeta, pengajar sekolah Taman Kanak-Kanak dan dosen di STT Pokok Anggur di Jakarta Barat. Namun, saat pandemi virus Corona melanda, ia memprioritaskan diri menolong sesama.

Sejak dua pekan lalu, ia tergabung sebagai relawan Gereja Melawan Covid-19 (GMC19) yang diinisiasi oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI). “Dulunya saya juga menjadi relawan bencana ketika Gunung Merapi meletus," ungkap Iffung, Sabtu (4/4/2020).

Pengalaman Iffung tersebut ditambah keaggotaannya sebagai anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kementerian Sosial RI sejak 2007, membuatnya yakin untuk turun tangan bersama para relawan muda.

Relawan corona semprot disinfektan

Meski saat awal mendaftar relawan GMC19 banyak yang memeringatkan kalau Iffung termasuk kelompok umur berisiko tinggi tertular virus Corona (COVID-19).

Menjadi relawan GMC 19, menurutnya, sebuah panggilan untuk membantu. Apalagi ia mengaku mudah tersentuh melihat korban bencana. “Saya membayangkan, jika yang korban itu keluarga saya sendiri atau tetangga saya sendiri atau gereja saya sendiri. Lalu, saya tanya dalam hati, apa yang bisa saya lakukan?."

relawan mereka melayani

Semangat Iffung menjadi relawan GMC19 ikut terpompa karena rekan-rekannya menerima dirinya meskipun dari segi usia lebih tua. Bersama GMC19, Iffung telah empat kali bertugas bersama para relawan lainnya di wilayah Jakarta Timur, Jakarta Barat dan Tangerang.

“Ada gereja, wihara, masjid dan lingkungan sekitarnya juga disemprot disinfektan. Dan belum lama ini di Kelapa Gading, hari Rabu (31/3) lalu kami melakukan penyemprotan,” ujarnya.

Relawan GMC19 yang berasal dari komunitas lintas iman dan lintas agama memang menjadikan fokus kegiatannya menyalurkan bantuan di tempat-tempat ibadah. GMC19 turut melibatkan tenaga ahli dari RS PGI Cikini dan Dompet Dhuafa untuk melatih para relawan dalam upaya penanggulangan Covid-19 pada 18 Maret 2020 dan 20 Maret 2020.

Ada 57 relawan mendapat pengetahuan tentang zat dalam disinfektan yang akan digunakan selama aksi penyemprotan rumah-rumah ibadah.

Sejumlah rumah ibadah yang telah dibantu oleh relawan GMC19, antara lain Gereja Kasih Karunia (GEKARI) Jemaat Anthiokhia, Jakarta Selatan, GPKB Tanjung Priok, Jakarta Utara, Gereja Baptis Indonesia Dahlia, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Musholla Maharaja, Pondok Kopi, Jakarta Timur, dan Masjid At Taqwa, Pulo Gebang, Jakarta Timur.

Hingga saat ini, masih banyak rumah ibadah yang minta bantuan untuk disemprot disinfektan. GMC19 pun berkomitmen untuk menjalani tugas hingga pandemi COVID-19 berakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini