nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Panduan Pengobatan saat Isolasi Diri Sendiri di Rumah

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 05 April 2020 13:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 05 481 2194362 panduan-pengobatan-saat-isolasi-diri-sendiri-di-rumah-2q7GzqIHjv.jpg Ilustrasi (Foto : Medicalnewstoday)

Hingga saat ini, para ahli medis dunia belum menemukan obat yang terbukti efektif dan aman untuk menyembuhkan virus corona (COVID-19).

Sebagai alternatif, obat yang dapat digunakan saat ini adalah yang dapat mengurangi gejala umum COVID-19, yaitu demam, nyeri sendi, batuk kering, dan atau sesak napas.

Fakultas Farmasi Universitas Indonesia menyebut ada beberapa jenis obat yang bisa dikonsumsi oleh pasien positif corona. Berikut Okezone rangkumkan ulasannya, Minggu (5/4/2020).

1. Obat pereda gejala

Demam

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu gejala umum COVID-19 adalah demam yang tinggi. Oleh karenanya, disarankan bagi pasien untuk meminum obat pengganti penurun demam dan anti nyeri ringan. Sejauh ini parasetamol (asetaminofen) diketahui aman untuk digunakan.

Demam

Batuk

Bila mengalami gejala batuk kering dan gangguan pernapasan lainnya, Anda bisa meminum obat batuk yang dijual bebas atau obat alami seperti madu dan jeruk nipis. Selain itu, Anda juga dapat berkumur dengan garam. Jika batuk kering dan berkelanjutan, dapat mengonsumsi pereda batuk yang dijual bebas sesuai aturan pakai di label.

Obat alternatif

Obat atau terapi supportif lainnya adalah perbanyak minum untuk menghindari dehidrasi. Gunakan NACI Spray (saline nasal spray) yang dijual bebas untuk mengurangi hidung tersumbat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini