nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerakan 'Bantu 1 Ajak 2' Didukung Addie MS hingga Anggota DPR RI

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 05 April 2020 17:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 05 612 2194375 gerakan-bantu-1-ajak-2-didukung-addie-ms-hingga-anggota-dpr-ri-3enLtFJi8a.jpg Addie MS (Foto : Dokumentasi Okezone)

Di tengah pandemi COVID-19, masyarakat diharapkan tidak saling menyalahkan pihak-pihak tertentu. Malah, sebaiknya kondisi semacam ini membuat kita bergandeng tangan saling membantu untuk melawan COVID-19.

Itu juga yang menjadi alasan Rakean Radya Al Barra dan ayahnya, Aleams Barra, menginisiasi gerakan 'Bantu 1 Ajak 2'. Aksi solidaritas yang dilakukan secara masiv di media sosial dengan tujuan membantu mereka yan terdampak COVID-19.

Gerakan ini muncul pertama kali di Youtube pada 27 Maret 2020. Sampai sekarang, sudah semakin banyak orang yang mengetahui gerakan kemanusiaan ini dan terlibat di dalamnya.

Di sisi lain, siapa sangka kalau gerakan 'Bantu 1 Ajak 2' yang diinisiasi remaja berusia 17 tahun tersebut mendapat dukungan luar biasa dari Anggota DPR RI fraksi Nasdem, Muhammad Farhan. Ya, mantan penyiar radio itu mengutarakan rasa bangga karena adanya gerakan ini.

"Inisiatif baik untuk partisipasi sosial, karena tidak smeua orang sanggup #dirumahaja, makanya, untuk membantu semua orang harus dilakukan oleh semua orang juga. Cerdas, lho! #bantu1ajak2," tulis Farhan di Twitternya.

Dukungan tidak hanya datang dari Anggota DPR RI Farhan, tetapi juga dari Musisi Legendaris Indonesia Addie MS. Melalui Twitter pribadinya, ia mengutarakan rasa kagum dan bangga dengan adanya gerakan 'Bantu 1 Ajak 2' ini.

"Satu lagi remaja keren! Bekerja di rumah untuk sementara adalah cara efektif untuk memutus penularan COVID-19. Tapi, tentu tidaklah mudah bagi pekerja harian. Remaja ini (Raka) mengajak kita melakukan gerakan #Bantu1Ajak2," kata Addie MS.

Mengetahui adanya dukungan luar biasa dari pihak politisi hingga seniman, Okezone coba menanyakan tanggapan Raka selaku inisiator gerakan ini. Dia menyatakan, senang dengan dukungan ini.

"Kami sangat senang dan juga kaget sebenarnya, karena tidak menyangka bahwa 'growth' dari video dan gerakan ini bisa secepat itu," katanya pada Okezone melalui pesan singkat, baru-baru ini.

Raka melanjutkan, ia pun cukup yakin bahwa dengan saling menyebarkan video gerakan 'Bantu 1 Ajak 2' akan semakin banyak orang yang ikut tergerak mau bersama-sama saling membantu. Termasuk yang dilakukan public figure tersbeut.

"Para public figure ini tentunya sangat meng-amplify dan meng-expose gerakan kami hingga saat ini," sambungnya.

Terlepas dari itu, bagaimana melakukan gerakan 'Bantu 1 Ajak 2'?

Jika melihat skema yang ditampilkan dalam video di Youtube, gerakan ini meminta Anda mengajak satu orang untuk membantu, kemudian, meminta satu teman itu untuk mengajak dua teman lainnya. Dengan skema seperti ini, diharapkan orang yang membantu akan terus bertambah pesat, jauh melampaui penyebaran virus COVID-19 itu sendiri.

Kemudian, bantuan semacam apa yang bisa diberikan untuk bisa terlibat dalam 'Bantu 1 Ajak 2'? Raka menjelaskan, pihaknya tidak menjelaskan nominal atau barang secara spesifik, karena itu tergantung faktor kehidupan masing-masing.

"Untuk hal ini, kami serahkan kepada para eksekutor untuk mengajak ngobrol orang-orang yang kesulitan sehingga bisa diperkirakan sebesar apa kebutuhannya. Orang yang kesulitan itu biasanya punya perkiraan setiap kurun waktu tertentu harus mengeluarkan berapa rupiah untuk hidup dengan optimal," paparnya.

Namun, Raka coba memberikan patokan kasar sebagai gambaran jika ingin melakukan aksi ini. "Salah satu patokannya mungkin adalah keuntungan yang diraihnya setiap kurun waktu ketika sebelum wabah (contohnya pedagang, mereka biasanya punya perkiraan kasar akan hal ini)," tambahnya.

Yuk ikutan melakukan aksi kebaikan ini dan jangan lupa ajak teman lainnya untuk ikut sama-sama jadi orang baik di tengah pandemi COVID-19 seperti sekarang ini. Ingat, yang bisa menyelesaikan masalah bukan satu pihak, tapi kita semua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini