nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jubir Penanganan COVID-19: Keluarga Kunci Pencegahan dan Pengendalian COVID-19

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 06 April 2020 08:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 196 2194654 jubir-penanganan-covid-19-keluarga-kunci-pencegahan-dan-pengendalian-covid-19-Y7x2wI5r84.jpg Jubir Pemerintah Penanganan COVID-19 (Foto : BNPB Indonesia/Youtube)

Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto menyampaikan apresiasi pemerintah kepada seluruh keluarga di Tanah Air yang patuh dan disiplin menjalankan pesan untuk tetap di rumah. Dia menyadari bahwa hal ini akan menjadi suatu proses yang berkepanjang.

Tentunya proses itu bisa menjadi beban, baik ibu rumah tangga maupun bapak sebagai kepala rumah tangga yang menjadi juru penenang dan mampu memberikan penjelasan yang baik kepada anggota keluarganya.

"Untuk itu kami mengucapkan terima kasih sehingga secara bersama-sama bisa saling melindungi agar tidak ada anggota keluarga kita yang tertular penyakit ini," ujar Yuri dalam Konferensi Pers di BNPB, Minggu 5 April 2020.

Lebih lanjut, Yuri menjelaskan bahwa keluarga adalah basis dari upaya pencegahan dan pengendalian penyakit COVID-19. Oleh karena itu, Yuri mengimbau masyarakat atau keluarga memanfaatkan waktu yang sebaik-baiknya untuk 2 hal.

Jubir

"Pertama berikan suasana gembira di rumah, manfaatkan waktu untuk tetap menjaga imunitas dengan tetap melaksanakan kegiatan-kegiatan fisik yang bermanfaat. Kemudian kendalikan emosi, sajikan makanan yang sehat dan bergizi. Tentu juga menjadi kesempatan yang baik untuk beribadah dan berdoa bersama keluarga," jelas Yuri.

Selain itu, menurut Yuri saat ini merupakan waktu yang paling baik untuk berkomunikasi intens dengan seluruh anggota keluarga, di samping tetap selalu aktif, produktif meskipun dari rumah. Oleh karena itu, Yuri menegaskan bahwa kuncinya adalah keluarga.

"Harapan kita bahwa semakin banyak keluarga yang sehat, kita yakini masyarakat semakin kuat," pungkasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini