nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pakai Sarung Tangan saat Belanja Bikin Orang Makin Berisiko Tertular Virus

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 06 April 2020 12:58 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 298 2194810 pakai-sarung-tangan-saat-belanja-bikin-orang-makin-berisiko-tertular-virus-9dbIJRTVWh.jpg Ilustrasi (Foto : Menshealth)

Pandemi COVID-19 yang merupakan termasuk musibah non-alam memang menimbulkan ketidakpastian. Di situasi yang penuh dengan ketidakpastian ini, wajar jika banyak orang merasa ketakutan dan kecemasan besar. Hak ini membuat banyak orang melakukan apapun untuk bisa melindungi diri semaksimal mungkin.

Contohnya dalam penggunaan sarung tangan saat belanja ke supermarket. Takut tangan menyentuh kuman dan bakteri yang ada di supermarket, akhirnya orang-orang memilih memakai sarung tangan karet. 

Tapi tahukah Anda, ternyata dari penjelasan dokter sebetulnya kita tidak perlu memakai sarung tangan tersebut saat sedang belanja di supermarket?

Hal ini dijelaskan oleh Dr Karan Rangarajan, melalui video yang ia unggah ke dalam laman akun TikTok pribadinya, “@dr.karanr”. Sebagaimana dilansir Metro, Senin (6/4/2020) ahli bedah di National Health Service ini menjelaskan mengapa justru memakai sarung tangan bisa membuat kita berisiko lebih besar tertular virus.

Belanja

“Anda pakai sarung tangan saat di supermarket, lalu kamu menyentuh barang-barang. Ya itu dia, kuman, terus-terusan memegang lebih banyak benda seharian dengan sarung tangan yang sama. Kumannya ke mana-mana dan di mana-mana. Ini artinya kita mengumpulkan kuman, dan sekarang sarung tangan tersebut penuh dengan kuman daripada di tangan sendiri (jika tangan tersebut dicuci setiap kali),” terang dokter Karan.

Menurut dokter Karan, dengan menggunakan sarung tangan yang sama seharian, maka kemungkinan sarung tangan menjadi media untuk berpindahnya kuman dari satu tempat ke tempat lain jadi sangat tinggi.

Tidak hanya itu, risiko perpindahan kuman ini bisa bertambah saat kita mengganti sarung tangan yang lama dengan sarung tangan baru. Kemungkinan sarung tangan baru yang masih bersih tersebut untuk terkontaminasi oleh sarung tangan yang lama tetap ada.

“Ingat, dengan sarung tangan yang sama Anda akan memegang kemudi saat berkendara, bisa juga kita tidak sengaja menyentuh wajah, memindahkan kuman-kuman itu ke diri sendiri. Belum lagi pas mengganti sarung tangan dengan yang baru, kemungkinan malah menyentuh sarung tangan itu sendiri. Cuci saja tangan Anda dan bertindaklah yang bijaksana,” pungkas dokter Karan di akhir video.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini