Cara Membuat Basic Dalgona Coffee Antipegal, Cuma 3 Menit!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 06 April 2020 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 06 298 2195127 cara-membuat-basic-dalgona-coffee-antipegal-cuma-3-menit-msMESlvtHB.jpg Dalgona coffee. (Foto: YouTube Devina Hermawan)

MINUMAN dalgona coffee jadi tren kuliner terbaru yang sedang populer. Keunikan kopi ini terletak pada tampilannya yang cantik dan cita rasa beda.

Bila dilihat sekilas, tekstur dalgona coffee terbagi menjadi dua bagian. Pada bagian atas diisi oleh foam, yang terbuat dari bubuk kopi tanpa ampas dan gula pasir atau gula aren. Sementara bagian bawahnya, dipenuhi oleh susu segar full cream dan es batu.

dalgona

Kombinasi bahan-bahan tersebut diklaim menyuguhkan cita rasa yang lezat dan menyegarkan. Apalagi proses pembuatannya terbilang sederhana.

Jadi jangan heran bila popularitas dalgona coffee mulai dikenal masyarakat luas. Mengingat banyak netizen memamerkan hasil racikannya di media sosial.

Namun perlu diketahui pula bahwa, proses pembuatan kopi dalgona bisa memakan waktu cukup lama, bila sang peracik tidak memiliki alat memadai. Karenanya untuk menghasilkan foam atau busa yang lembut, diperlukan alat pengocok atau mixer, yang biasa digunakan untuk mengaduk adonan kue.

Sebagai alternatif, banyak orang mengakalinya dengan cara manual, yaitu menggunakan sendok makan. Sayangnya, teknik ini memerlukan waktu yang cukup lama hingga kurang lebih 30 menit, untuk mendapatkan foam yang sempurna.

Nah, sekarang kalian tidak perlu khawatir lagi. Chef Devina Hermawan baru saja membagikan tips singkat mengaduk adonan dalgona coffee, yang hanya memerlukan waktu kurang lebih 3 menit saja.

Di unggahan di channel YouTube pribadinya, jebolan MasterChef Indonesia Seaseon 5 itu membuat basic dalgona coffee hanya menggunakan saringan kecil biasa saja loh, Okezoners. Untuk mempraktikkan trik ini, pastikan terlebih dahulu takaran basic dalgona coffee.

dalgona

Seperti yang tertera di resep dasar kopi dalgona, takaran untuk membuat kopi adalah air, bubuk kopi, dan gula dengan perbandingan 1:1:1.

"Takarannya harus seimbang. Jika takaran air lebih banyak, maka busa/foam akan semakin kasar. Tapi kalau seimbang, teksturnya smooth banget. Gunakan sendok kopi agar takaran lebih akurat, dan air hangat agar kopi dan gula larut dengan baik," ujar Chef Devina.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan mangkuk dengan permukaan agak sedikit datar. Tujuannya agar saringan mudah mengenai dasar mangkuk. Anda bisa menggunakan saringan berukuran kecil, tapi harus disesuaikan dengan ukuran mangkuk.

"Adonan bisa langsung diaduk atau dikocok. Ini baru 15 detik saja sudah berbuih.Ingat, kocok merata hingga semua tercampur dan larut. Aduk terus hingga adonan berubah warna menjadi pucat," tambah chef cantik ini.

dalgona

Setelah kurang lebih tiga menit, basic dalgona coffee siap dicampurkan dengan susu dan es batu. Ada satu lagi tips dari Chef Devina. Bila kopi ingin terasa lebih gurih, Anda bisa mencampurkannya dengan evaporated milk atau santan. Selamat mencoba! (dwk)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini