nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Parameter Keberhasilan Isolasi Mandiri Selama 14 Hari

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 06 April 2020 13:29 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 481 2194836 parameter-keberhasilan-isolasi-mandiri-selama-14-hari-OvRvpMmnSU.jpg Jubir Pemerintah Penanganan COVID-19 (Foto : BNPB Indonesia/Youtube)

Isolasi mandiri selama 14 hari adalah salah satu upaya kunci pencegahan penularan COVID-19. Sebagai salah satu kunci penanganan COVID-19, apakah apa parameter isolasi mandri berjalan sukses?

Tentunya terdapat parameter yang bisa menjadi tolak ukur apakah proses isolasi bisa dinyatakan berhasil. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengatakan, menggunakan waktu inkubasi terpanjang yakni 14 hari sebagai pedoman merupakan syarat utama. Jadi isolasi harus melewati 14 hari.

“Manakala tanpa keluhan, maka sampai hari terakhir masih tetap sehat tanpa keluhan dan vitalitasnya bagus. Apabila ada keluhan sedikit seperti panas, batuk, dan sesak dengan kondisi isolasi mandiri bisa menjadi sehat tanpa keluhan maka itu dinyatakan berhasil,” jelas Yuri dalam siaran langsung di Gedung BNPB, Senin (6/4/2020).

Juru Bicara Penanganan COVID-19

Meski demikian, bukan berarti setelah melakukan isolasi diri dan tidak ada keluhan seseorang bisa tenang dan boleh berinteraksi dengan orang lain. Physical distancing masih harus terus dilakukan untuk mencegah penularan COVID-19.

Selain itu masyarakat yang melakukan isolasi diri juga wajib melakukan kontrol dari petugas kesehatan. Nantinya setelah 14 hari akan dilakukan pemeriksaan ulang. Diharapkan masyarakat bisa melakukan pemeriksaan ulang secara molekuler, dengan PCR, jika hasilnya negatif tandanya tidak ada masalah.

“Tapi bukan berarti kalau sudah negatif maka tidak memperhatikan diri dengan melakukan physical distancing dengan orang lain. Ini kan pandemi yang bisa berlangsung selama beberapa bulan. Tapi yang penting mereka kan sudah tidak jadi sumber penularan,” tuntas Yuri.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini