nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Stok Menipis, Ini 4 Resep DIY Hand Sanitizer

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 06 April 2020 16:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 06 481 2194968 stok-menipis-ini-4-resep-diy-hand-sanitizer-HmnWy0qD51.jpg ilustrasi: Okezone

SEJAK organisasi kesehatan dunia (WHO) mengumunkan virus corona (COVID-19)_ adalah pandemi global, ketersediaan hand sanitizer semakin langka di pasaran bahkan sampai sekarang, termasuk di Indonesia.

Kelangkaan hand sanitizer di pasaran ini, akhirnya membuat beberapa pihak berinisiatif untuk memberikan panduan resep Do It Yourself (DIY) hand sanitizer yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Namun ingat, sebaik-baiknya hand sanitizer tetap saja cara paling baik untuk membersihkan tangan adalah mencucinya dengan air mengalir dan sabun. Handnsanitizer sejatinya digunakan sebagai cadangan, berjaga-jaga ketika sabun dan air susah didapatkan.

Seperti yang dijelaskan Sholihatus Sallama, teknisi laboran di Laboratorium Farmasetika Fakultas Farmasi Universitas Jember, jika kita terlalu banyak memakai hand sanitizer dapat memberikan dampak negatif. Contohnya untuk orang yang memiliki bakat alergi, kebanyakan memakai hand sanitizer dapat memicu munculnya gatal dan iritasi.

Sementara itu, Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko, MS, SpOk dari Department Ilmu Kedokteran Komunitas Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, mengatakan, pemakaian hand sanitizer memang dapat membuat kulit tangan jadi kering. Mengingat ada kandungan alkohol di dalamnya. Keadaan kulit yang kering ini bisa berbahaya bagi orang yang mengidap diabetes, sebab orang dengan diabetes rentan mengalami luka begitu kondisi kulit tubuhnya kering.

Nah, daripada penasaran sapa saja sih resep hand-sanitizer yang bisa dibuat sendiri di rumah? Merangkum WHO, Newyorkpost, serta laman resmi Unair, Sabtu (4/4/2020) berikut uraian singkat empat resep membuat DIY (do it yourself) hand sanitizer.

1. Campuran gel lidah buaya 

Bahan-bahan:

Gel lidah buaya

Isopropyl alkohol

Botol spray

Cara membuat: Campurkan kedua bahan dengan takaran, dua pertiga alkohol dan sepertiga gel lidah buaya. Masukkan ke botol spray sebagai wadah hand-sanitizer.

2. Campuran alkohol dan glycerol:

Bahan-bahan:

73ml alkohol 70 persen

15ml Gliserol (yang berfungsi sebagai anti bakteri dan pelembap)

12 ml Aquadest

Botol spray 100 ml

Cara membuat: untuk menghasilkan hand sanitizer berukuran 100 mililiter, pertama encerkan gliserol yang konsistensinya sedikit kental dengan aquadest agar menjadi agak encer. Setelah sedikit encer, baru tambahkan dengan alkohol, sambil diaduk perlan hingga semua bahan menyatu;

Masukkan ke dalam wadah botol, hand sanitizer siap digunakan

3. Campuran etanol dan hidrogen peroksida

Bahan-bahan

Etanol 96 persen

Gliserol 98 persen

Hidrogen Peroksida 3 persen

Air steril atau Aquadest

Alat:

Gelas ukur 1000-ml

Beaker glass

Gelas ukur 50-m

Gelas ukur 25-ml

Spatula untuk mengaduk

Botol kaca

Cara membuat

1. Masukkan 833 ml etanol ke dalam gelas ukur 1000-ml

2. Tambahkan 41,7 ml hidrogen peroksida ke dalam gelas ukur

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini