nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Di Rumah Aja Enggak Perlu Makeup, Apa Kata Para Perempuan?

Yaomi Suhayatmi, Jurnalis · Senin 06 April 2020 22:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 611 2195138 di-rumah-aja-enggak-perlu-makeup-apa-kata-para-perempuan-GwKbm1qBC5.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

PANDEMI corona COVID-19 telah mengubah banyak kebiasaan warga dunia sejak beberapa bulan terakhir. Perubahan yang paling nyata adalah kebiasaan para perempuan bekerja atau mereka yang memiliki aktivitas di luar rumah.

Jika biasanya, para perempuan harus memperhatikan penampilan terkait profesi yang mengharuskan banyak bertemu orang, maka selama masa physical distancing ini, para perempuan tentunya lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dengan Work From Home (WFH).

Nah di saat WFH seperti sekarang ini perlu enggak sih makeup? Ketika pertanyaan ini dilontarkan kepada sejumlah perempuan di Jakarta dan sekitarnya, ternyata jawaban pun beragam.

makeup

“Iya bener banget, sekarang bukan menjadi hal penting lagi buat saya. Nomor satu sekarang bagaimana caranya tetep sehat. Dulu paling enggak mau muka kena panas matahari. Sekarang setiap pukul 10.00 WIB kudu berjemur. Enggak apa-apa lah wajah dan badan hitam, yang penting sehat," kata Farrah Novia Rini, ibu rumah tangga dan juga pebisnis online di Jakarta.

Jawaban serupa diungkapkan Shadu yang berpofesi sebagai ibu rumah tangga. “Iya diam saja di rumah juga mau kemana, kan lockdwon. Diam aja di rumah ngapain pakai makeup,” tutur ibu dua anak ini.

Saat ini, menurut Farrah maupun Shadu, yang terpenting adalah menjaga kesehatan fisik dan mental daripada merias diri. Sementara itu, pendapat perbeda disampaikan oleh Ruyanah, pegawai di lingkungan Departemen Pertanian.

Menurutnya, tampil fresh harus jadi prioritas, “Tampil fresh dengan polesan makeup harus walaupun di rumah aja, itu kudu. Tampil manis, bersih, rapih kan jadi penyemangat buat yg da di rumah,” tuturnya.

Hal itu diamini oleh Oniwati yang berprofesi sebagai guru sekolah dasar. “Meskipun enggak mengajar, di rumah saja, sebagai perempuan kita harus tetap cantik," tuturnya

Dini Valdiani, yang sehari hari berprofesi sebagai dosen bahkan tidak hanya tetap meluangkan waktu untuk merias diri, tetapi juga mengenakan outfit layaknya hendak bepergian keluar rumah.

“Aku tetep makeupan dan pakai baju bagus kok di rumah. Meski kadang dibuka lagi, cuma buat seneang-senang saja," katanya ceria.

makeup

Kata Dini lagi, kegiatannya ini juga merupakan salah satu cara mengusir kebosanan di saat physical distancing yang sudah berjalan lebih dari 3 minggu terakhir. “Tetap kece di rumah, ya dalam rangka tetep waras, “ tuturnya berkelakar.

Sementara itu, Agustio Vi, crew di salah satu stasiun televisi mengatakan justru dalam pengamatannya para perempuan pekerja saat ini tetep berlomba tampil cantik, dengan adanya conference video dengan rekan kerja.

“Perempuan enggak suka makeup? Enggak juga sih. Justru mereka kan kayak meeting lewat Zoom itu kan harus tampil cantik. Jadinya makeup,” kata pria yang akrab disapa Tejo ini.

Selain itu, sebagai suami, ia mengaku senang jika istrinya di rumah tampil cantik dengan riasan makeup, ” Oh iya dong kan waktunya lebih banyak bersama suami. Jadi harus tampil cantik. Lagian saya liat di FB, para perempuan, ibu-ibu tetap tampil cantik juga,” kata ayah dua anak ini.

Nah, kalau Anda termasuk yang mana? Yang pasti apapun pilihannya makeup atau no makeup, kita lebih banyak menjumpai para wanita mengenakan masker.

Saat ini menggunakan masker memang terasa lebih nyaman dan aman, bahkan tidak saat berada di luar rumah, tetapi juga ketika di dalam rumah.

Apalagi imbauan pemerintah menggunakan masker (non medis) adalah suatu kewajiban, sebagai upaya untuk melindungi diri maupun orang lain dari penularan virus corona.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini