Desainer Didiet Maulana Bongkar Rahasia Dapur Kreatif Ikat Indonesia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 09:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 194 2195280 desainer-didiet-maulana-bongkar-rahasia-dapur-kreatif-ikat-indonesia-teSB50Hl8v.jpg Desainer Didiet Maulana dan tim, (Foto: Instagram/@didietmaulana)

BAGI sebagian pelaku kreatif, dapur ide itu menjadi nilai yang sangat besar. Bahkan, beberapa dari mereka enggan membongkarnya. Tapi, tidak dengan Desainer Didiet Maulana.

Desainer brand Ikat Indonesia itu malah dengan senang hati membagikan dapur kreatifnya. Menurut Didiet Maulana, ini sama saja membagikan ilmu bermanfaat bagi banyak orang.

Isi dapur kreatif Ikat Indonesia dibagikan Didiet Maulana, melalui akun Instagram pribadinya. Dalam keterangannya, ia mengaku sangat bahagia bisa saling berbagi ilmu semacam ini pada teman-teman semua.

didiet

"Gue seneng banget bisa berbagi sama lo semua dan happy banget bisa sharing ke lo semua tentang rahasia dapur Ikat Indonesia dalam membuat ide, from nothing to something," tulisnya di keterangan foto.

Ia pun berterima kasih pada produsernya dengan nama Instagram @_samisme yang sudah mengatur produksi acaranya itu. So, bagaimana proses kreatif Ikat Indonesia, dari kain wastra Indonesia menjadi koleksi kelas Internasional?

Sebelumnya, Didiet Maulana menjelaskan, ini merupakan perjalanan sebuah koleksi, mulai dari kumpul-kumpul, kembangin ide, sampai koleksinya ditampilkan. "Dari nothing sampai akhirnya jadi ready to wear atau aksesori," tambahnya.

So, ini isi dapur kreatif Ikat Indonesia: Didiet Maulana menamakan topik pembahasan ini "From Mood board to a Collection".

Research

didiet

- Mencari apa yang sedang ngetren di dunia fashion, baik itu dari medium online atau offline.

- Mencari ide kreatif yang tak berkaitan dengan fashion. "Kita pernah terinspirasi dari film, musik, dan banyak lainnya," ungkap Didiet Maulana.

Brainstorm with team

- Jika sudah ketemu, konsepkan ide ide tersebut.

- Inspirasi itu bisa datang dari mana saja, termasuk dari lagu, puisi, film, lukisan, atau hasil karya seni lainnya.

- Analisis ide baru itu dengan membandingkan koleksi paling laku dari koleksi sebelumnya.

Mood board

- Ciptakan mood dari Pinterest board.

- Mulai mengaplikasikan ide baru di atas Pinterest board lalu cetak untuk dianalisa bersama dengan tim.

Sketching

- Dari apa yang tercipta, tim desain mulai membentuk sketch.

Collection Plan

- Sebelum masuk ke penciptaan koleksi, coba lihat kembali hasil sketch secara keseluruhan dan tentukan apa signature dari koleksi baru ini, mau jadi koleksi apa saja, pun ukuran setiap koleksi.

Production stage

didiet

- Buat contoh.

- Pakaikan ke model.

- Jika dirasa perlu penambahan, lakukanlah selama fitting dengan model.

- Produksi masal siap dilakukan.

Di momen ini, Didiet Maulana juga memberi imbauan pada teman-teman untuk tetap semangat di situasi seperti sekarang. "I know its not easy, but we are in this together dan kita mau lo semua bakal full ideas ketika saatnya nanti siap tempur lagi untuk berkarya," tambah Didiet Maulana.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini