Bukan Katun, Bahan Masker Ini Lebih Ampuh Cegah Corona

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 481 2195568 bukan-katun-bahan-masker-ini-lebih-ampuh-cegah-corona-VxQGOnxWPD.jpg Masker handuk. (Foto: Suay Sew Shop)

BADAN Kesehatan Dunia (WHO) dan pemerintah Indonesia sudah mewajibkan semua orang untuk mengenakan masker jika keluar rumah. Imbauan ini harus dilaksanakan untuk memutus rantai penularan virus corona COVID-19.

Masker kain pun direkomendasikan untuk digunakan sebagai upaya meminimalisir pengunaan masker medis, yang lebih ditujukan untuk dokter pun tenaga kesehatan di rumah sakit. Karena itu, sekarang ini banyak orang membuat masker kain sendiri.

masker handuk

Tapi, apakah Anda tahu masker kain yang efektif menangkal virus corona COVID-19 itu katanya yang berbahan handuk bukan katun. Benarkah demikian?

Menurut laporan New York Post, masker kain berbahan katun tidak mampu menangkal virus dan dianggap masih memungkinkan virus melewati pori-pori bahan. Karena itu, bahan yang dianggap cocok adalah handuk.

"Masker kain berbahan katun tidak bisa menyaring partikel patogen mikroskopis seperti virus," terang CEO Suay Sew Shop Lindsay Medoff.

Medoff pun bersama dengan temannya, Chloe Schempf, membangun laboratorium khusus yang difungsikan untuk menguji filtrasi partikel dari masker kain berbahan handuk. Hasilnya masker kain dari handuk mampu menangkal partikel hingga 0,3 mikron. Ini juga menjadi bukti bahwa masker kain berbahan handuk dipercaya tiga kali lipat dapat menangkal virus.

Nah, terkait dengan jenis handuk yang direkomendasikan, diterangkan Medoff, handuk itu harus berbahan polyester hydro knit. Bahan ini memiliki pori-pori yang sangat kecil dan bisa menghalau patogen sangat kecil. Berbeda dengan katun yang hanya mampu memblokir 20% hingga 60% patogen dan itu berarti kemungkinan virus menerobas masih tinggi.

"Masker berbahan kain handuk ini dapat memblokir hingga 95% patogen mikroskopis, ini berarti cukup efektif menghalau masuknya virus corona COVID-19 yang sekarang sedang coba ditangkal penularannya," menurut Business Insider.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini