Harimau Betina di Kebun Binatang Terinfeksi Virus Corona COVID-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 07 612 2195290 harimau-betina-di-kebun-binatang-terinfeksi-virus-corona-covid-19-Emlgl14k6F.jpg Ilustrasi. (Foto: Instagram/@bronxzoo)

PANDEMI virus corona COVID-19 rupanya tidak menular lewat perantara manusia ke manusia. Seekor harimau betina dari Kebun Binatang Bronx, Amerika Serikat, baru-baru ini dinyatakan positif terjangkit virus corona COVID-19.

Pengelola Kebun Binatang Bronx, New York menyebut kalau hasil tes terhadap harimau berusia empat tahun itu, telah dikonfirmasi oleh National Veterinary Services Laboratory di Lowa. Dari hasil penelitian harimau bernama Nadia, Azul dan Amur dan tiga singa Afrika lainnya mengalami batuk kering.

harimau

Pengelola kebun binatang itu pun berharap supaya hewan peliharaan mereka tersebut bisa segera pulih dari penyakitnya. Dilansir Okezone dari BBC, Senin (6/4/2020), harimau-harimau tersebut diyakini telah telah tertular dari seorang penjaga kebun binatang.

Hal ini diketahui setelah pihak kebun binatang melakukan pemeriksaan, kepada salah satu harimaunya yang mengalami sakit.

“Kami akan memastikan setiap informasi yang diperoleh tentang COVID-19 dan akan berkontribusi pada pemahaman dunia yang berkelanjutan tentang virus corona ini,” terang pemimpin kebun binatang dalam pernyataan resminya.

Pihak kebun binatang sendiri mengaku tidak tahu bagaimana virus yang kini telah menjadi pandemi di seluruh dunia itu, bisa berkembang pada tubuh harimau dan singa. Karenanya berbagai spesies memiliki reaksi berbeda terhadap infeksi baru

Walaupun begitu, pihak pengelola kebun binatang berjanji akan mengawasi semua hewan koleksi mereka secara ketat. Untungnya, beberapa spesies hewan lain seperti snow leopard, cheetah, clouded leopard, amur leopard dan serval tidak menunjukkan gejala terinfeksi virus.

“Harimau-harimau kami yang terinfeksi oleh penjaga yang merawat mereka sebelum orang memiliki gejala terinfeksi virus,” lanjut pimpinan kebun binatang tersebut.

Menghadapi hal tersebut, semua harimau yang menunjukkan adanya gejala terinfeksi virus ditempatkan di area Tiger Mountain. Saat ini Ada empat kebun binatang di New York City, yang dikelola oleh Wildlife Conservation Society, salah satunya Kebun Binatang Bronx yang telah ditutup untuk umum sejak 16 Maret 2020.

Sejumlah langkah kini akan dilakukan oleh kebun binatang tersebut dalam upaya melindungi hewan maupun para penjaga yang bertugas. "Tidak ada bukti bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 di Amerika Serikat oleh hewan, termasuk anjing atau kucing peliharaan," kata pernyataan kebun binatang itu.

Para pakar konservasi telah memperingatkan virus corona dapat menimbulkan ancaman bagi beberapa satwa liar seperti kera besar. Oleh sebab, itu kebun binatang harus membuat langkah nyata yang diperlukan untuk mengurangi risiko penularan pada kawanan gorila liar, simpanse, dan orang utan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini