nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Emak-Emak Bagikan Tips Belanja Sayur dan Buah Online, Biar Enggak Rugi!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 10:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 08 298 2195894 emak-emak-bagikan-tips-belanja-sayur-dan-buah-online-biar-enggak-rugi-NzvAMIymZW.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

IMBAUAN physical distancing atau menjaga jarak aman di tengah masyarakat mengharuskan Anda belanja online. Cara ini dipilih sebagai bentuk mengamankan diri dari penularan virus corona COVID-19.

Belanja online ini pun harus dilakukan saat Anda kehabisan persediaan sayur dan buah di rumah. Tenang, beberapa aplikasi belanja online pun sudah menyediakan fasilitas beli sayur dan buah.

Tapi, agar tetap cerdas berbelanja online, Anda mesti memerhatikan beberapa hal penting. Nah, diterangkan Mira, emak-emak yang sudah membiasakan diri belanja sayur online, coba memberikan tips sederhana agar belanja tetap menyenangkan dan tentunya cerdas. Berikut ulasannya:

Cek stok sayuran dan buah apa yang habis di dapur

sayur

Cek ricek dulu sayur, buah, atau bumbu masak apa saja yang sudah habis atau berkurang persediaannya di dapur. Menurut Mira, ini adalah poin utama agar Anda tidak jadi penimbun barang yang akhirnya barang tersebut tak begitu diperlukan.

"Jangan malah merugikan orang lain karena berbelanja yang tak penting. Ingat, jangan egois," terang Mira.

Pilih aplikasi online resmi

Walau belanja sayuran online jangan gampang tertipu dengan harga murah atau promo menarik lain yang tak masuk akal. Maka pilihlah aplikasi online terpercaya untuk belanja produk-produk yang segar. Termasuk di dalamnya sayur, buah, telur, daging, atau lainnya. Malah semakin praktis bukan?

Jangan belanja di jam sibuk

Lakukan belanja online di jam-jam tidak sibuk. Ini menjadi penting agar Anda bisa pilah-pilih sayur atau buah dengan tenang di aplikasi belanja online.

"Misal belanja di Sayur Box, belanja paling pagi atau paling malam untuk pengiriman keesokan harinya. Tapi ada aplikasi online (Toko Tani Indonesia Center) yang ada jam operasional tertentu. Nah ini berarti mesti pilih jam paling pagi, supaya masih tersedia stoknya, ya," ungkap Mira.

Belanja online juga harus cerdas

Jangan asal pilih sayuran dan buah walau belanja online. Perlu diketahui, beberapa aplikasi menyediakan promo menarik dan tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan promo tersebut.

"Pergunakan promo-promo belanja yang ditawarkan, misal buy 1 get 1 atau harga spesial. Karena ini lumayan mengirit biaya pengeluaran," tambahnya.

Tetap lakukan protokol kesehatan

Poin penting lainnya yang mesti dicatat adalah ketika barang belanjaan sudah datang, tetap lakukan protokol kesehatan yang disarankan WHO dan pemerintah. Upaya ini dilakukan untuk mencegah penularan corona COVID-19.

Jadi, cuci dulu semua sayur, buah, telur sebelum masuk ke kulkas. Setelah itu, jangan lupa untuk buang kemasan di tempat sampah langsung setelah diterima dan segera cuci tangan 6 langkah dengan sabun agar tangan tetap bersih.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini