nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditutup karena COVID-19, Unggul Ponggok Rugi Rp30 Juta/Hari

Rabu 08 April 2020 18:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 08 406 2196251 ditutup-karena-covid-19-unggul-ponggok-rugi-rp30-juta-hari-eFWXI13CWm.jpg Objek wisata Umbul Ponggok. (Foto: Pictagram)

IMBAS dari corona COVID-19 di dunia pariwisata sangat terasa. Objek wisata Umbul Ponggok pun ikut terdampak dan ditutup untuk wisatawan.

Padahal pesona Umbul Ponggok tak perlu diragukan. Bahkan dalam sebulan warga sekitar dapat meraup keuntungan Rp30 juta per hati Sayang akibat pandemi corona COVID-19, Umbul Ponggok ditutup.

umbul

Kepala Desa (Kades) Ponggok, Junaedi Mulyono mengatakan, pengelola Umbul Ponggok menaati imbauan dari pemerintah, terkait penutupan objek wisata di tengah persebaran virus corona.

Dengan imbauan penutupan objek wisata, diharapkan dapat membantu memutus mata rantai virus corona. Pun Bupati Klaten, Sri Mulyani telah meminta seluruh objek wisata di Klaten ditutup sejak pertengahan Maret lalu.

Junaedi menjelaskan, hingga kini pengelola Umbul Ponggok masih menunggu perkembangan lebih lanjut. Ia juga akan mendata dampak kerugian dari seluruh sektor, mulai dari pariwisata hingga usaha lainnya secara terperinci ke depan.

"Kondisi Umbul Ponggok masih ditutup. Dengan ditutupnya umbul, potensi kerugian yang kami alami senilai Rp30 juta per hari," kata Junaedi Mulyono, dilansir Okezone dari Solopos.

Junaedi Mulyono mengatakan, Pemdes Ponggok juga sudah bersiaga mencegah persebaran virus corona. Seperti mencatat dan mengawasi para pemudik, menyiapkan tempat isolasi dan mobil ambulans.

Selain itu, Umbul Manten, objek wisata yang berada di dekat Umbul Ponggok juga ikut ditutup. Kades Siwodayah, Kecamatan Polanharjo, Mujahid Jaryanto mentatakan, penutupan objek wisata yang menjadi andalan Desa Sidowayah itu, dilakukan hingga waktu yang belum dapat ditentukan.

"Selama penutupan, otomatis pendapatan dari umbul Rp0. Meski seperti itu, kami tetap merawat umbul. Kami siagakan satu orang penjaga untuk bersih-bersih di kompleks umbul," kata Mujahid.

Untuk diketahui, tiket masuk ke Umbul Manten senilai Rp6.000 per orang. Rata-rata kunjungan saat akhir pekan bisa mencapai 1.000-an orang pada waktu normal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini