nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ampuhkah Kunyit dan Kurkumin Bantu Kita Lawan Corona COVID-19?

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 18:22 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 08 406 2196258 ampuhkah-kunyit-dan-kurkumin-bantu-kita-lawan-corona-covid-19-HpEXLwGfVI.jpg Ilustrasi. (Foto: Ohsimply)

SUPLEMEN jadi salah satu barang yang dicari banyak orang selama pandemi corona COVID-19. Namun tentunya tak semua orang butuh minum suplemen, jika nutrisi harian dari makanan sudah cukup terpenuhi.

Karenanya dalam melawan corona COVID-19, imunitas tubuh harus terjaga. Diselingi pula dengan menjaga kebersihan diri, dengan mencuci tangan pakai sabun dan memakai masker.

Jika memang Anda membutuhkan suplemen sebagai pelengkap nutrisi ada hal yang perlu diperhatikan sebelum membelinya. Seperti apa?

kunyit

Konsultan Kesehatan dr Fala Adinda mengatakan, untuk saat ini ada beberapa jenis suplemen yang memang direkomendasikan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti vitamin C, zat besi maupun kunyit atau temulawak.

"Konsumsi vitamin secara rutin bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Pencegahan ini dapat dilakukan terhadap infeksi virus maupun bakteri," katanya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Vitamin C sering dianggap mampu melawan virus corona COVID-19 karena tinggi antioksidan. Sementara zat besi dapat mengurangi risiko infeksi, serta meningkatkan respons kekebalan pada orang yang lebih tua secara signifikan.

Sedangkan, kunyit memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh. Kunyit dikenal dapat membantu pengeluaran toksin dari tubuh. Kandungan kurkumin juga berperan sebagai anti inflamasi dan mengandung antioksidan.

CEO Jovee Natali Ardianto membagi tips jika Anda ingin membeli suplemen. Karena masing-masing individo membutuhkan jenis konsumen yang berbeda-beda.

Menurutnya, ada baiknya membeli suplemen sesuai dengan kebutuhan dan pola hidup. Jika Anda memiliki kondisi medis atau sedang menjalani pengobatan tertentu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

"Pastikan kandungan suplemen sesuai dengan keperluan Anda karena tiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda," kata Natali.

Untuk momen physical distancing, Anda tentunya tidak perlu pergi ke apotek. Karena suplemen kini bisa dibeli lewat situs belanja online.

Pilihlah merek yang sudah banyak dikenal orang dan pastinya terdaftar Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Kemenkes RI.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini