Glenn Fredly Meninggal, Kenali 2 Vaksin untuk Meningitis

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 481 2196719 glenn-fredly-meninggal-kenali-2-vaksin-untuk-meningitis-bXKjnGyJwm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUSISI Tanah Air Glenn Fredly meninggal dunia akibat meningitis. Sebagai langkah pencegahan, ada vaksin meningitis yang dapat digunakan.

Vaksin meningitis tersedia di fasilitas kesehatan. Bahkan seseorang yang hendak pergi beribadah haji pun diharuskan untuk melakukan vaksin meningitis

Salah satu ketersediaan vaksin yang dapat dipakai adalah vaksin untuk meningitis meningococcal (meningokoku), yang disebabkan oleh meningitidis Neisseria. Sementara untuk meningitis virus lebih umum, meningitis bakteri dapat lebih berbahaya jika tidak didiagnosis dan diobati dengan cepat.

vaksin

Inilah kenapa alasannya, dua vaksin utama untuk meningitis adalah untuk meningitis yang disebabkan oleh bakteri. Vaksin pertama, vaksin konjugat meningokokus, vaksin yang menargetkan empat jenis serotipe bakteri yang paling umum. Vaksin ini lebih lama menawarkan perlindungan yang lebih besar.

Vaksin kedua, MenB, menargetkan satu jenis tertentu. Lingkup proteksinya jauh lebih pendek. Hanya populasi tertentu yang direkomendasikan untuk mendapatkan vaksin ini.

Diketahui lebih lanjut, pemberian vaksin meningitis hadir dengan berbagai efek samping yang bisa timbul. Mulai dari rasa nyeri, kemerahan, dan rasa terbakar di tempat titik suntikan.

Bahkan untuk beberapa orang bisa juga mengalami demam ringan selama satu atau dua hari setelah injeksi. Tidak hanya itu, efek samping seperti menggigil, sakit kepala, nyeri sendi, dan kelelahan juga disebutkan bisa dialami oleh pengidap meningitis setelah diberi vaksin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini