Kulit Kepala Sering Gatal? Coba Pakai Sampo Bayi Deh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 19:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 611 2196807 kulit-kepala-sering-gatal-coba-pakai-sampo-bayi-deh-wit00xaK3C.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BELAKANGAN ini cuaca memang sedang panas terik. Nah, biasanya jika panas seperti ini yang jadi masalah adalah gatal di kulit kepala.

Tapi, tentu saja kita tidak harus garuk-garuk rambut tersebut. Perkara ini sebenarnya bisa dengan mudah diatasi.

Nah, agar tidak lagi gatal, coba terapkan cara di bawah ini agar kulit kepala tidak lagi gatal dan mengganggu aktivitas Anda! Yuk simak apa saja caranya sebagaimana dikutip Timesofindia.

Air perasan lemon

Ambil potongan buah lemon, ambil air sarinya kemudian usapkan air sari perasan lemon ini ke area kulit kepala yang gatal (beri sedikit air agar cairan lemon menjadi semakin encer). Diamkan selama beberapa menit, kemudian keramas bersih rambut Anda menggunakan sampo.

Selain cara ini, Anda juga bisa membuat campuran dari yogurt dan air perasan lemon, aduk pasta ini secara merata hingga jadi pasta kental. Aplikasikan ke kulit kepala, diamkan selama 15 menit lalu langsung keramas rambut hingga bersih.

kulit kepala

Cuka apel

Cuci rambut hingga bersih, setelah itu ambil sedikit cairan cuka apel, dan air mineral secukupnya. Aduk rata, kemudian gunakan media kapas untuk mengoleskan cairan ini ke kulit kepala. Diamkan hingga kering selama beberapa menit, kemudian bilas rambut hingga bersih. Lakukan ritual ini dua kali dalam seminggu hingga kondisi kulit kepala mengalami perubahan yang lebih baik.

Minyak kelapa

Pijat rambut dan kulit kepala Anda dengan menggunakan minyak kelapa ini. Minyak kelapa mengandung nutrisi yang tepat untuk rambut dan kulit kepala. Pastikan ketika melakukan ritual ini, minyak kelapa benar-benar meresap ke dalam kulit kepala dan rambut dengan waktu minimal 30 menit sebelum rambut dibilas bersih.

Gunakan sampo bayi

Tapi, jangan gunakan dalam jangka waktu yang lama, melainkan sebagai selingan. Anda bisa gunakan sampo bayi yang ringan, lembut dan bebas bahan kimia di sela-sela penggunaan sampo yang biasa digunakan. Sampo bayi juga bisa digunakan saat Anda masih mencari-cari sampo mana yang benar-benar tepat untuk Anda.

Rutin keramas dengan air dingin

Keramas dengan suhu air yang cukup panas akan menghilangkan pelembab alami pada rambut, di mana hal ini dapat membuat rambut jadi kering dan gatal. Mencuci rambut dengan air dingin akan mengurangi rasa gatal pada kulit kepala secara perlahan namun pasti. (mrt)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini