Cerita Glenn Fredly, Buka Warung Makan Nusantara untuk Beri Ruang Berkreasi Musisi Jazz Indonesia

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 09 April 2020 14:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 612 2196604 cerita-glenn-fredly-buka-warung-makan-nusantara-untuk-beri-ruang-berkreasi-musisi-jazz-indonesia-npnZqSkqi7.jpg Glenn Fredly dalam kenangan (Foto : @glennfredly309/Instagram)

Kabar meninggalnya Glenn Fredly meninggalkan duka teramat dalam bagi para pelaku industri musik di Tanah Air. Selama ini, Glenn Fredly memang dikenal sebagai sosok yang sangat ramah dan murah hati.

Semasa hidupnya, Glenn Fredly tidak pernah bosan membantu mereka yang membutuhkan. Pesan-pesan positif terkait kebaikan hati Glenn pun mengalir deras di media sosial, menyusul berita kepergiannya. Seperti unggahan yang ditulis oleh Ananda Badudu pada akun Twitter pribadinya.

Aktivis sekaligus gitaris Banda Neira itu mengungkapkan bahwa Glenn menjadi salah satu sosok musisi yang membantu mempromosikan bandnya, hingga dikenal luas oleh masyarakat luas.

“Dulu pas Banda Neira belum terkenal, pernah ditwit sama bung Glenn Fredly. Dibilang musiknya bagus, dan masuk @musikbagus_ina yang dia bikin. Langsung berasa ga napak. Makasi bung, mungkin buatmu hanya twit aja, tapi buatku penyemangat luar biasah,” tulis Ananda Badudu.

Kepedulian Glenn Fredly kepada musisi Indonesia kembali ditunjukkannya dengan membuka warung makan berkonsep Nusantara bersama Trio Lestari di area M Bloc Space, Jakarta Selatan.

Saat ditemui Okezone, Glenn mengatakan bahwa alasannya melebarkan sayap bisnis di dunia kuliner, tidak hanya sekadar untuk menambah pundi-pundi uang.

Lebih dari itu. Dia ingin memberikan ruang bagi para musisi, terkhusus komunitas jazz untuk berkreasi dan bertukar informasi. Sebagai musisi yang juga mendalami genre musik jazz, Glenn dan kedua temannya merasa tergerak untuk menyediakan wadah khusus bagi rekan-rekan musisi yang memiliki minat yang sama.

"Kita senang sama musik jazz, jadi yang kebanyakan nongkrong di rumah lestari teman-teman musisi jazz. Karena teman-teman musisi jazz hampir tidak ada untuk mereka ngumpul," terang Glenn Fredly sebagai salah satu personel Trio Lestari kepada Okezone, beberapa waktu lalu.

Glenn kemudian bercerita bahwa dulu salah satu rekan musisinya, Indra Lesmana, juga sempat menyediakan tempat khusus untuk musisi jazz yang berada di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Glenn Fredly Meninggal

Namun setelah Indra memutuskan pindah ke Bali, tempat tersebut terpaksa ditutup. Alhasil, para musisi dan pencinta musik jazz pun kesulitan mencari tempat untuk menyalurkan hobi dan passion mereka.

Berangkat dari hal tersebut, Glenn, Tompi, dan Sandhy sepakat untuk mendirikan Rumah Lestari yang mengusung konsep Nusantara dengan desain yang minimalis dan nyaman.

"Kita dapat kesempatan buka di sini. Jadi kita ingin mendorong brand-brand dan makanan lokal agar lebih dikenal. Semuanya makanan nusantara, ada kopi juga. Setiap hari Rabu sampai Minygu juga ada live musik yang diisi oleh musisi-musisi jazz secara bergantian. Misalnya hari ini dari sekolah musik jazz, besoknya ada musisi jazz dari tempat yang lain," tutup Glenn.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini