Waktu-Waktu yang Tepat Menyeruput Teh, di Antaranya Sebelum Berolahraga

Abu Sahma Pane, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 08:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 10 298 2197054 waktu-waktu-yang-tepat-menyeruput-teh-di-antaranya-sebelum-berolahraga-n8xYjYlzZr.jpg Ilustrasi. Foto: Shutterstock

Indonesia terkenal sebagai salah satu penghasil teh terbaik. Di antara sekian jenis teh yang dihasilkan adalah teh hijau.

Ini merupakan teh andalan yang sering dinikmati warga saat pagi maun di sela kerja. Namun tahukah Anda, menikmati teh hijau saat perut kosong pada pagi hari bisa menganggu kesehatan hati. Lalu kapan waktu yang tepat untuk meminumnya?

Dilansir dari laman Boldsky, hasiat dari minum teh hijau berupa meningkatkan kekebalan, menurunkan bobot tubuh, membantu meremajakan kulit, dan lain-lain bisa diperoleh saat meminumnya di sela-sela makan, sebelum berolahraga, dan dua jam sebelum tidur.

Manfaat teh hijau bakal semakin terasa jika Anda mengonsumsinya sekitar dua sampai tiga gelas per hari. Hal tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang dilakukan tim riset dari University of Maryland Medical Center, Amerika Serikat.

Hasil penelitian itu menyebutkan minum teh hijau membantu menurunkan kolesterol dalam darah. Teh hijau mengandung flavonoid dan polifenol yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus meremajakan kulit dan rambut.

Ilustrasi. Foto: Istimewa

Waktu berikutnya yang baik untuk menyeruput teh hijau adalah sekitar pukul 10.00 atau 11.00. Pada jam tersebut teh berkhasiat membantu meningkatkan proses metabolisme.

Anda juga bisa meminum teh hijau dua jam sebelum atau sesudah makan. Bagi penderita anemia, sangat tidak disarankan minum teh hijau di sela-sela makan. Sebab, antioksidan dalam teh hijau dapat menurunkan tekanan darah secara drastis.

Berikutnya dianjurkan meminum teh hijau sebelum berolahraga karena itu dapat membantu melunturkan lemak. Kandungan kafein di dalamnya minuman tersebut juga berkhasiat membantu meningkatkan stamina kala berolahraga.

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini