nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tubuh Butuh Curcumin 500 Mg Sehari untuk Tingkatkan Imunitas

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 10 April 2020 13:35 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 10 298 2197184 tubuh-butuh-curcumin-500-mg-sehari-untuk-tingkatkan-imunitas-9GRbke7JJm.jpg Ilustrasi. (Juaralife)

JAMU menjadi minuman yang semakin dicari keberadaannya di tengah masa-masa sekarang. Karena semua orang tentu ingin terhindar dari penularan corona COVID-19 dengan menjaga imunitas.

Jika sebelumnya orang tak terlalu melirik jamu karena sulit ditemui, terutama di kota besar, kini jamu tradisional banyak dicari. Bahkan harga bahan baku di pasar bisa melambung tinggi karena menjadi kebutuhan banyak orang.

jamu

Dilansir Okezone dari situs resmi Balitbangkes, jamu yang umum ada di Indonesia mengandung curcumin . Curcumin adalah senyawa tunggal termasuk golongan polifenol yang merupakan hasil isolasi dari rimpang empon-empon.

Sebagai senyawa tunggal tentu tidak bisa disetarakan dengan minum rebusan kunyit dan temulawak. Pada rebusan kunyit dan temulawak masih mengandung puluhan bahkan ratusan senyawa kimia dengan efek yang sangat beragam, tak hanya polifenol dan polisakarida, ada juga flavonoida dan alkaloida.

Sejak ditemukan lebih dari 200 tahun yang lalu, curcumin juga telah diteliti di seluruh dunia. Berbagai penelitian menunjukkan curcumin memiliki bermacam khasiat mulai dari antibakteri, antioksidan, antiinflamasi, antikanker, penurun gula darah dan juga sebagai immunomodulator. Juga bahan aktifnya yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas.

Sementara itu, menurut General Manager Manufacturing Air Mancur Group Drs Bambang Priyambodo, Apt, dunia kesehatan telah mengakui khasiat jamu. Bahkan dalam jurnal Curcumin: A Review of Its’ Effects on Human Health telah dijelaskan.

"Jika seseorang konsumsi 500 mg curcumin setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh,” ungkapnya lewat keterangan resmi yang diterima Okezone.

Dari hasil studi tersebut, Bambang meminta agar setiap orang dapat minum jamu. Baik itu jamu buatan sendiri atau jamu instan yang rata-rata megandung 350 mg curcumin.

"Selain jamu, madu murni juga dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh," tambahnya.

Di samping juga harus tetap menerapkan physical distancing, menjaga kebersihan diri dan lingkungan kerja, sesuai standar badan kesehatan dunia WHO. Dengan demikian, masyarakat diharapkan mampu melewati tantangan pandemi corona COVID-19 bersama-sama, dalam kondisi sehat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini